UMI Gelar Tes Calon Karyawan Berbasis CBT, Rektor Harap Karyawan Adaftif Teknologi

  • Bagikan
Ketua Panitia Prof Salim Basalamah

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Universitas Muslim Indonesia (UMI) semakin mematangkan penerapan Embracing Smart University yang ditandai dengan kemampuan teknologi bagi semua elemen di UMI, tidak terkecuali bagi karyawan.

Alasan itu, UMI menggelar seleksi dan tes terbuka bagi calon pegawai berbasis Computer Based Test (CBT) atau Tes Berbasis Komputer di Ruang CBT lantai 4 Fakultas kedokteran UMI, Jalan Urip Sumohardjo, Makassar, Sabtu (26/11).

Terpantau, jumlah peserta yang mengikuti tes ini berjumlah 441 orang yang terdiri atas PTT, pegawai pengabdi, kontrak dan juga dari RS Ibnu Sina UMI. Materi yang diujikan cukup beragam yang terdiri materi pengetahuan keIslaman, materi pengetahuan umum dan seputar penguasaan IT.

Sedangkan untuk Pelaksanaan tes dibagi atas 4 sesi, dimulai pukul 08.00 WIB dan berakhir pukul 17.30 WITA. Setiap peserta menerima soal secara online dan langsung menjawab pertanyaan yang ada. Jawaban yang diberikan oleh peserta akan langsung masuk ke server atau database sehingga setiap peserta akan langsung mengetahui skor atau nilai hasil ujian masing-masing.

Lebih jauh, peserta yang nantinya dinyatakan lolos, akan mengikuti tahap psikotes serta tahapan terakhir yakni interview.

Sementara itu Rektor UMI, Prof Basri Modding mengatakan, salah satu fungsi manajemen dalam suatu organisasi termasuk UMI sebagai Lembaga Pendidikan dakwah adalah perencanaan untuk memperoleh sumber daya manusia yang berkualitas termasuk mengangkat pegawai yang profesional, memiliki integritas, amanah dan tanggap dengan IT.

“Transparansi proses penerimaan pegawai UMI dengan CBT merupakan salah satu upaya yang dapat ditempuh dalam rangka merekrut pegawai sesuai dengan visi UMI menuju Smart University,” jelasnya.

Guru Besar Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UMI itu berharap, tahapan tes kali ini bisa menghasilkan output yang baik demi kemajuan UMI ke depan.

“Mudah-mudahan target kelulusan ini bisa tercapai. Tes pertama ini adalah Computer Vased Test (CBT). Diharapkan semua karyawan berdaptasi dengan Teknologi. Inshyaa Allah ke depan UMI akan lebih maju lagi,” tutupnya.

Terpantau hadir dalam kesempatan itu, Wakil Rektor II yang juga selaku Ketua Penitia Prof Salim Basalamah Wakil Rektor III Nasrullah Arsyad dan Wakil Rektor IV HM Ishaq Shamad, Wakil Dekan IV FK UMI Rahmat Faisal Syamsu, Kepala Biro Umum Anwar Dachrun. (*)

  • Bagikan