Rangkaian Roadshow dan Try Out Akbar, FK UMI Gelar Bakti Sosial di Bone

  • Bagikan

BONE, RAKYATSULSEL - Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar menggelar Mega Baksos sekaligus kegiatan Roadshow dan Try Out Akbar untuk calon mahasiswa baru tahun 2023, di Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan, 26-27 November 2022.

Megabaksos dilakukan dengan waktu dan tempat yang berbeda. Pada tanggal 26 November 2022 kegiatan dilakukan di pondok pesantren Al-Ikhlas Ujung Bone, Kecamatan Dua Boccoe dan pada tanggal 27 November 2022 dilakukan di Desa Bulu Tanah, Kecamatan Kajuara.

Megabaksos merupakan kegiatan sunnatan massal, pemeriksaan kesehatan, dan penyuluhan kesehatan kepada masyarakat Bone dan kepada santri dan santriwati dari pondok pesantren.

Selain itu juga dilaksanakan kegiatan Roadshow pengenalan kampus Fakultas Kedokteran Universitas Muslim Indonesia sekaligus Try Out Akbar dalam rangka menjalin calon-calon mahasiswa baru tahun ajaran 2023 dari pesantren Al-Ikhlas dan beberapa SMA di Bone.

Kegiatan Megabaksos ini didahului dengan pembukaan oleh pimpinan pondok pesantren Al-Ikhlas Ujung, Bone. Lalu dilanjutkan dengan penandatanganan MOU antara Fakultas Kedokteran Universitas Muslim Indonesia dengan Madrasah Tsanawiyah pesantren Al-Ikhlas.

Kemudian dilanjutkan dengan pengenalan Fakultas Kedokteran Universitas Muslim Indonesia, silaturahmi, Try Out Akbar, dan juga pemeriksaan kesehatan.

Pada pemeriksaan kesehatan FK UMI bekerjasama dengan Ikatan Alumni FK UMI menurunkan 20 lebih dokter spesialis dan melayani sekitar 103 orang pasien yang dilakukan pemeriksaan kesehatan, dan puluhan anak di daerah Dua Boccoe yang dilakukan sirkumsisi.

Selain itu, juga terdapat penyuluhan kesehatan mengenai penyakit kulit seperti panu, dan beberapa penyakit lain yang mempunyai angka kejadian yang tinggi di Bone, Termasuk masalah “STUNTING” yang juga digarap bersama Asosiasi Fakultas Kedokteran Swasta Indonesia (AFKSI) yang juga bertepatan dengan kegiatan Bulan Bakti AFKSI dengan Tema STUNTING.

Pada Megabaksos tanggal 27 November 2022, bertempat di desa Bulu Tana kec. Kajuara. Pada kegiatan inj jumlah pasien yang diperiksa sebanyak 200 orang, dan ada puluhan anak yang dilakukan sunatan massal.

Selain itu juga dilaksanakan penyuluhan mengenai perilaku hidup bersih dan sehat dan gizi buruk yang berkaitan dengan stunting yang merupakan kerjasama dalam rangka bulan bakti asosiasi kedokteran Indonesia yang dipusatkan di Bone dari Fakultas Kedokteran Universitas Muslim Indonesia.

Kegiatan Bakti Sosial FK UMI bekerjasama dengan Lembaga Mahasiswa KBMFK UMI, RS “Ibnu Sina” YW UMI, Alumni FK UMI, Pemda Bone, Pemerintah Desa Bulu Tana dan pemerintah Kecamatan Kajuara.

Kegiatan ini juga turut dihadiri Ketua Komisi 4 DPRD Bone, dr Andi Riad Baso Padjalangi, Dandim 1407 Torani Bone, Direktur Utama dan Direksi RS “Ibnu Sina” YW UMI, Camat Kajuara, Danramil Kajuara, Kapolsek Kajuara, Kepala Puskesmas Kajuara, Ketua IKA FK UMI, Kepala Desa Bulu Tana, serta Kepala Sekolah SD Kajuara. (*)

  • Bagikan