Wali Kota Palopo Ikuti Rakornas Pengendalian Inflasi Daerah Bersama Mendagri Secara Virtual 

  • Bagikan
Walikota Palopo, Judas Amir

PALOPO, RAKYATSULSEL - Wali Kota Palopo, Judas Amir bersama Forkopimda dan jajaran Pemkot terkait, mengikuti Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pengendalian Inflasi Daerah oleh Kementerian Dalam Negeri, secara virtual Hybrid, di ruang kerja wali kota, Senin (28/11/2022).

Laporan Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian mengatakan, bahwa provinsi yang inflasinya terendah yaitu Sulawesi Utara 4,65 persen , Kabupaten Blitung,  inflasinya terendah 4,92 persen, dan Provinsi Jambi 7,17 persen, termasuk inflasinya tinggi.

“Kepada kepala daerah yang inflasinya diatas Nasional sistem di Kemendagri untuk perijinan keluar negeri, pasti ditolak dan untuk penentuan pejabat provinsi yang bagus dalam pengendalian inflasi, maka usulan gubernur untuk di akomodir,"  kata Tito Karnavian.

Setianto, selaku Kepala Deputi  Bidang Statistik dan Distributor Jasa  menyampaikan, bahwa perkembangan harga 20 komoditas pangan, pada November 2022.

Tren kenaikan inflasi didorong naiknya permintaan komsumsi momen Ramadan dan Idul Fitri, permintaan komsumsi moment Natal dan tahun baru serta dampak kenaikan harga BBM. 

"Fluktuasi harga yang terjadi di luar ketiga moment tersebut. Lebih terganggunya pasokan, baik di hulu sisi produsen, perantara pedagang besar, distributor maupun dihilir spekulasi pada tingkat eceran," ucapnya.

Potensi perkembangan harga pada bulan November 2022. Potensi inflasi terus membesar sejak minggu pertama hingga minggu ke empat bulan November.

Perkembangan harga di semua kabupaten, kota menunjukkan jumlah kabupaten, kota yang berpotensi mengalami inflasi dalam bulan November terus bertambah.

Potensi inflasi di bulan November di sumbang oleh jumlah wilayah yang berpotensi inflasi, di banding yang berpotensi deflasi dan stabil.

Hadir dalam kegiatan ini wali jota Palopo, Forkopimda, sekertaris daerah Kota Palopo dan tamu undangan.(Jaya)

  • Bagikan