Dinas Koperasi dan UKM Palopo Buka Pelatihan Peracikan Kopi

  • Bagikan
Pelatihan Sertifikasi dan Pengolahan Penyajian Kopi (Barista) di Aula PLUT KUKM Kantor Dinas Koperasi dan UKM Kota Palopo, Selasa (29/11/2022).

PALOPO, RAKYATSULSEL - Asisten II, Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Ilham Hamid mewakili wali kota, membuka Pelatihan Sertifikasi dan Pengolahan Penyajian Kopi (Barista) di Aula PLUT KUKM Kantor Dinas Koperasi dan UKM Kota Palopo, Selasa (29/11/2022).

Panitia Pelatihan Barista dari Dinas Koperasi dan UKM Kota Palopo diwakili Sekretaris Dinas Koperasi dan UKM Kota Palopo, Ardas mengemukakan bahwa, kegiatan sudah diprogramkan oleh Pemerintah Kota Palopo, untuk membina dan memberikan pelatihan kepada masyarakat, dan ucapan terimakasih kepada 10 peserta setelah mengikuti pelatihan selama enam hari, akan ikuti ujian sertifikasi Barista profesional, sejumlah 20 orang peserta akan memperoleh sertifikasi Barista.

“Potensi kegiatan ekonomi yang mempunyai prospek menguntungkan bagi masyarakat pelaku usaha kecil menengah di Kota Palopo, diantaranya adalah pengolahan dan penyajian kopi. Karena kita ketahui bersama, budaya minum kopi saat ini, tengah marak di berbagai tempat, di warung kecil, cafe bahkan di kantor, tradisi minum kopi saat ini tengah meningkat. dan penyajiannya tidak seperti dimasa lalu, yaitu hanya menyeduh kopi dengan air panas, dan di tambah pemanis. Namun kini produk olahan minuman kopi mengalami perubahan yang drastis, karena terpengaruh oleh cita rasa dari peracik-peracik, baik dari ibu kota, bahkan luar negeri. Oleh sebab itu, kini banyak pilihan bagi penyuka kopi, terhadap varian-variant kopi yang di inginkan konsumen," ujar Ardas.

Lanjut kata Ardas, kepada peserta pelatihan, diharapkan untuk serius mengikuti pelatihan.

"Saya tahu untuk membentuk sebagai Barista profesional, panitia sudah menyiapkan tenaga-tenaga ahli di bidang penyajian, pelayanan perkopian, dengan mengundang tenaga ahli Barista kopi yang sudah sangat populer, mungkin dari Kota Palopo sendiri, atau mungkin juga dari luar daerah. Silahkan teman-teman mempelajari ilmunya, jangan segan-segan untuk bertanya, semoga selesai kegiatan pelatihan, teman-teman para pelaku usaha UMKM , khususnya yang menekuni dunia perkopian, bisa semakin mengembangkan usahanya sendiri," tuturnya. (Jaya)

  • Bagikan