APBD 2023 Disahkan, Danny Pomanto Sebut Serapan Anggaran Jadi Perhatian Khusus Tahun Depan

  • Bagikan
Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto Berikan Penjelasan ke Awak Media. (A/Abu)

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto menyebut serapan anggaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) tahun depan menjadi perhatian khusus. Ia bahkan telah menginstruksikan seluruh pejabat memaksimalkan APBD 2023.

Hal itu Danny Pomanto--sapaan akrab Walikota Makassar saat menghadiri penetapan APBD Pokok 2023 dalam rapat Paripurna di Gedung DPRD Kota Makassar, Rabu (30/11). Sejumlah fraksi memberikan saran dan rekomendasi ke walikota.

Diketahui, realisasi belanja pada 2022 masih berada pada 46,40 persen, sementara pendapatan telah mencapai 73,72 persen. Potensi silpa diprediksi cukup tinggi sehingga serapan anggaran dinilai menjadi Pekerjaan Rumah (PR) seluruh OPD.

"Realisasi APBD 2023 mendatang menjadi perhatian para dewan. Anggaran tahun depan tentunya kita belajar dari rendahnya serapan di tahun 2022," ungkap Danny Pomanto, Rabu (30/11).

Salah satu upaya Pemkot Makassar soal serapan anggaran, kata Danny Pomanto, pihaknya menginstruksikan OPD agat melakukan tender dini sejumlah proyek strategis. Apalagi, legislator menyinggung soal tender dini di paripurna.

"Ada 18 proyek strategis Pemkot akan dilakukan tender dini, dan saya akan kawal," bebernya.

Ia memaparkan beberapa proyek strategis Pemkot Makassar telah siap untuk dilakukan tender dini. Diantaranya, Makassar Government Center, Makassar Core Arena (Macca), revitalisasi Karebosi, dan beberapa proyek strategis lainnya sedang dalam persiapan.

"Beberapa Proyek besar sudah mulai listing besok, kalau bisa langsung klik saya suruh langsung klik. Desember nanti kita upaya tender dini. Sehingga November 2023 bisa tuntas," jelasnya. (Abu Hamzah/Raksul/B)

  • Bagikan