China Merencanakan ‘Tindakan Keras’ Setelah Protes Covid

  • Bagikan
Kehadiran polisi yang berat terlihat di Beijing dan Shanghai pada hari Selasa

CHINA, RAKYATSULSEL.FAJAR.CO.ID- Badan keamanan utama China menyerukan tindakan keras terhadap "pasukan musuh" setelah protes yang jarang terjadi terhadap aturan Covid di kota-kota China pada akhir pekan.

Petugas polisi telah membanjiri lokasi protes yang sekarang kosong, dengan beberapa pengunjuk rasa mengatakan polisi telah menghubungi mereka untuk mencari informasi tentang keberadaan mereka.

Sementara itu pejabat kesehatan negara itu mengatakan penguncian harus "diberlakukan dan dilonggarkan dengan cepat".

China telah mencatat rekor jumlah kasus baru dalam beberapa hari terakhir.

Ini adalah satu-satunya ekonomi besar dengan kebijakan nol-Covid, dengan otoritas lokal bahkan menekan wabah kecil dengan pengujian massal, karantina, dan penguncian cepat.

Selama akhir pekan, ribuan orang di China turun ke jalan menuntut diakhirinya tindakan tegas dengan beberapa bahkan membuat seruan langka agar Presiden Xi Jinping mundur.

Tetapi kehadiran polisi yang banyak di kota-kota besar China, termasuk Beijing dan Shanghai, tampaknya telah meredam protes lebih lanjut pada hari Senin dan Selasa.

Komisi Urusan Politik dan Hukum Pusat Partai Komunis yang berkuasa, mengawasi penegakan hukum domestik di seluruh China, mengatakan bahwa "perlu untuk menindak kegiatan infiltrasi dan sabotase oleh pasukan musuh sesuai dengan hukum".

Pernyataan tersebut, yang dilaporkan oleh kantor berita China Xinhua, tidak menyebutkan demonstrasi baru-baru ini, yang dimulai setelah kebakaran di blok bertingkat tinggi di Urumqi, China barat, yang menewaskan 10 orang pada Kamis.

Banyak orang Cina percaya pembatasan Covid di kota berkontribusi pada kematian, meskipun pihak berwenang menyangkalnya.

  • Bagaimana protes Covid China dibungkam
  • China bertahan dengan nol-Covid: Mengapa?
  • Kertas kosong menjadi simbol protes China
    Petugas polisi terlihat pada hari Selasa berpatroli dalam jumlah besar di beberapa bagian Beijing dan Shanghai di mana demonstrasi diadakan pada akhir pekan.

Ada juga laporan sekitar 150 petugas muncul di area perbelanjaan yang sibuk di selatan kota Shenzhen setelah desas-desus tentang rencana protes di sana beredar di media sosial.

Juga pada hari Selasa, pejabat kesehatan China mengatakan pihak berwenang akan bekerja untuk mengurangi "ketidaknyamanan" yang disebabkan oleh pandemi Covid.

Mi Feng, juru bicara Komisi Kesehatan Nasional China (NHC), mengatakan kepada wartawan bahwa penguncian harus "diberlakukan dan dilonggarkan dengan cepat" serta "tindakan pengendalian yang berlebihan harus terus diperbaiki".

Pejabat kesehatan sebelumnya menyerukan tindakan Covid yang lebih bertarget, mengatakan keluhan tentang pembatasan yang ketat adalah hasil dari peluncuran lokal yang "sewenang-wenang", bukan pedoman nasional.

Di provinsi Guangdong selatan, pihak berwenang mengumumkan perubahan kebijakan Covid setempat pada Selasa malam, mengizinkan beberapa kontak dekat kasus Covid untuk dikarantina di rumah daripada di fasilitas negara.

Di tempat lain, Inggris telah memanggil duta besar China untuk pertemuan setelah seorang jurnalis BBC, Ed Lawrence, dipukuli dan ditahan sebentar saat meliput protes penguncian anti-pemerintah pada hari Minggu. (bbc/*)

Referensi:

https://www.bbc.com/news/world-asia-china-63796135

  • Bagikan