Pendaftar Ad Hoc di 24 Kabupaten/Kota Membludak, KPU Mulai Verifikasi Administrasi

  • Bagikan
Anggota KPU Sulsel, Fatmawati Rahim

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Jumlah pendaftar petugas badan Ad Hoc di 24 Kabupaten dan Kota di Sulawesi Selatan membludak dari kuota yang dibutuhkan. Dalam sepekan rekrutmen dibuka melalui aplikasi SIAKBA, peserta calon petugas badan Ad Hoc mencapai 13.737 orang.

Pendaftaran Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) digelar mulai   tanggal 20 sampai 29 November 2022 malam. Dari rekap total di 24 Kabupaten/kota sebanyak 13.737 pelamar.

"Total pendaftar yang masuk di Aplikasi SIAKBA itu terakhir pukul 23.59 Wita adalah sebanyak 13.737 se-Sulsel," kata Anggota KPU Sulsel, Fatmawati Rahim, Rabu, (30/11/2022).

Menurut Fatmawati selama proses rekrutmen tersebut dibarengi dengan verifikasi administrasi berkas yang berlangsung dari 21 November sampai 1 Desember 2022. Setelah verifikasi administrasi kemudian dilakukan pengecekan ulang. 

"Ini  untuk memastikan verifikasi administrasi. Lalu  pengumuman tanggal 2 siapa  saja yang lolos verifikasi administrasi," ucapnya.

Fatmawati juga memastikan bahwa proses rekrutmen petugas badan Ad Hoc indikasi orang titipan tidak terjadi. Sebab, pihaknya membuka tanggapan masyarakat terkait setiap calon petugas Ad Hoc.

"Setelah verifikasi administrasi terpenuhi akan diumumkan tanggal 2. Mulai tanggal 2 sampai wawancara itu,  ada tanggapan masyarakat. Karena di verifikasi administrasi tidak bisa menggambarkan orang secara kualitatif di masyarakat seperti apa. Tentu masyarakat yang bisa memberikan informasi (setiap latar belakang peserta). Itu dibuka ruang untuk tanggapan," katanya.

Tanggapan masyarakat tersebut bertujuan untuk melihat rekam jejak setiap calon petugas badan Ad Hoc. Dengan harapan tidak berafiliasi terhadap peserta Pemilu nantinya, baik partai politik maupun kandidat di pesta demokrasi mendatang.

"Itu bagian dari peningkatan masyarakat karena kita tidak bisa jajaki orang satu persatu, tapi masyarakat mengetahui jejak rekam calon, itu yang memberikan kita informasi," ujarnya. (Yadi/B)

  • Bagikan