Layanan Bagi Para Penyandang Disabilitas, Kepala Disdukcapil: Kita Ada Loket Khusus Disabilitas

  • Bagikan
Mahasiswa Aksi di Kawasan Flyover Jalan AP Pettarani. (A/Abu)

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Makassar ikut memeriahkan Hari Disabilitas Internasional. Salah satu dukungannya, meningkatkan layanan khusus bagi penyandang disabilitas.

Kepala Disdukcapil Makassar, Muh Hatim Salam menyampaikan pihaknya telah menyiapkan layanan bagi para penyandang disabilitas. Itu, terlihat dengan adanya loket khusus.

"Sebetulnya sudah ada loketnya yang khusus untuk penyandang disabilitas, kami sudah membuka loket untuk layanan penyandang disabilitas yang khusus di kantor dukcapil kota makassar," ungkap Hatim, Jumat (2/12).

Meski begitu, Hatim mengakui masih ada kekurangan dengan pelayanan yang diberikan. Sehingga, dirinya berjanji semua kekurangan itu bisa disempurnakan di anggatan tahun depan.

"Layanan untuk penyandang disabilitas akan kami sempurnakan dahulu, disertai loket yang khusus mengangani untuk penyandang disabilitas," jelasnya.

Dia membeberkan salah satu upaya yang dilakukan dengan menerapkan Program pembuatan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (E-KTP) dengan langsung berkunjung ke rumah warga penyandang disabilitas.

"Kami memahami dan kami mengerti akan kondisi para penyandang disabilitas, mungkin ada kekurangan ketidak mampuan untuk menjangkau layanan-layanan yang ada pada kami, baik itu di kantor dukcapil ataupun di kantor kecamatan yang kita sudah buka," tuturnya.

Sebagai warga negara indonesia lanjut Muhammad Hatim Salam, mereka memiliki hak yang sama untuk memiliki kartu identitas penduduk sehingga kami terjun langsung ke rumah-rumah ataupun tempat-tempat para penyandang disabilitas ini apabila mereka memasukan permohonan untuk di datangi secara langsung oleh tim kami.

"Pelayanan penyandang disabilitas, seperti ruang tunggu khusus untuk disabilitas, jalur untuk penyandang disabilitas akan kami usahakan untuk seramah mungkin, dan juga petugas loket yang memang sudah terlatih untuk menangani penyandang disabilitas akan kami tingkatkan," tutupnya. (Abu Hamzah/Raksul/B)

  • Bagikan