Kolaborasi Komunitas di Makassar Sumbangkan 136 Kantong Darah

  • Bagikan

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Komunitas Timur Makassar yang berisi member dari fans club suporter PSM Makassar, serta fans klub suporter lain dari dalam negeri maupun eropa, serta pecinta alam mengikuti aksi donor darah yang digelar Kolaborasi Komunitas Indonesia Timur Area (KITA). Total ada 177 peserta yang mendonor, dari jumlah itu terkumpul 136 kantong darah.

Aksi kemanusiaan dalam Hari Pahlawan dengan tema Bakti Pemuda Setetes Darah untuk Negeri 2022 ini digelar secara serentak selama tiga hari mulai Jumat (11/11) hingga Minggu (13/11) lalu. Berbagai komunitas dari suporter Super Friends, anak motor Bold Riders, pecinta alam Super Adventure, dan esport bersatu untuk menyumbangkan darahnya.

"Selain untuk kemanusiaan, aksi ini juga sebagai bentuk apresiasi kepada petugas medis di Makassar yang selama ini mereka kadang sampai mendonorkan darahnya sendiri kalau pas stok darah tidak ada, atau kadang juga ikut mencarikan sampai jauh agar dapat darah," kata Muhammad Rizal.

Dengan adanya donor dari berbagai macam komunitas ini, maka stok darah dalam beberapa bulan terakhir ini bisa terpenuhi. Komunitas Timur selama ini dikenal sebagai komunitas yang memiliki solidaritas dan aksi sosial yang tinggi.

"Saat donor darah kemarin semua anggota Komunitas Timur ikut donor, bahkan beberapa pentolan seperti ketua dan presiden dari fans club ikut donor, seperti dari The Maczman dan Red Gank, serta komunitas lainnya seperti Bold Riders dan anak pecinta alam juga ikut donor langsung bersama anggotanya," jelasnya.

Para anggota Komunitas Timur rata-rata sudah jadi pendonor ada yang lebih dari tiga kali. Terlebih sebelumnya Komunitas Timur juga sudah mengikuti program Bakti Pemuda Setetes Darah untuk Negeri 2021 dan 2020.

Untuk donor darah tahun ini yang mengambil Tema Kita Adalah Pahlawan, ada 177 peserta yang mendaftar. Namun karena ada syarat medis seperti tensi darah dan faktor kesehatan lainnya ada sejumlah anggota komunitas yang tidak bisa mendonor. Total kantong darah yang dikumpulkan adalah 136 kantong.

Program donor darah Bakti Pemuda Setetes Darah untuk Negeri 2022 ini digelar serentak di seluruh Indonesia Timur mulai 29 Oktober sampai 13 November 2022 kemarin.

Total ada 750 komunitas di lebih dari 82 Kabupaten/Kota di Indonesia Timur. Jumlah kota ini tersebar di 15 provinsi.

Tahun ini kegiatan sosial tersebut mengambil tema kepahlawanan yakni KITA adalah Pahlawan. Tahun sebelumnya program yang sama juga digelar dengan berhasil mengumpulkan ribuan kantong darah. (*)

  • Bagikan