Kakanwil Kemenkumham Sumsel Apresiasi Program Pelatihan Kemandirian Lapas Muara Enim

  • Bagikan

MUARA ENIM, RAKYATSULSEL - Kakanwil Kemenkumham Sumsel, Harun Sulianto, Senin (5/12) mengatakan bahwa ia telah melakukan kunjungan kerja di Lapas Kelas IIB Muara Enim, Sabtu (3/12).

Kehadiran Mantan Kalapas Merah Mata Palembang itu disambut langsung oleh Kepala Lapas Muara Enim, Herdianto.

Pada kesempatan tsb meninjau bengkel kerja Lapas Muara Enim. Di tempat tsb Kakanwil Harun menyaksikan kegiatan keterampilan membatik, menjahit, mengelas listrik, hidroponik dan pertukangan kayu.

Kakanwil juga mengapresiasi terdapat banyak sarana pelatihan kerja.

Menurut Kalapas Muara Enim Herdianto, selama tahun 2022 ada sebanyak 280 org Warga Binaan Pemasyarakatan yang ikut pelatihan bersertifikat.

Masing masing satu paket pelatihan di ikuti oleh 20 orang WBP, sehingga ada 14 paket pelatihan yang mengasilkan 280 sertifikat pelatihan bagi WBP.

Adapun untuk jenis pelatihannya mulai dari Pelatihan pengelasan Listrik, Pertukangan Kayu, Pelatihan membatik, Konveksi, pelatihan hidroponik, Pertanian, Handycraft dan Florist.

Saat tatap muka dengan jajaran Lapas Kakanwil Kemenkumham Sumsel, Harun Sulianto minta seluruh jajaran agar terus menjaga keamanan dan ketertiban lapas, jangan ada pungli, lakukan deteksi dini, sinergi dg pemda dan aparat penegak hukum, dan berantas peredaran gelap narkotika.

“Juga selalu kedepankan HAM dalam pelaksanaan tugas dan jangan ada diskriminasi layanan", pinta Kakanwil Harun. (*)

  • Bagikan