Tuan Rumah Piala Dunia 2022, Qatar Ubah Pandangan Kurang Baik Tentang Islam

  • Bagikan
Pasangan Kanada Dorinel dan Clara Popa berfoto di dalam Masjid Biru, selama Piala Dunia Qatar 2022, di Doha, 29 November 2022

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Sebuah kebanggaan Muslim Qatar telah memanfaatkan Piala Dunia 2022 untuk menjangkau ratusan ribu penggemar yang berkunjung untuk mengubah pikiran tentang Islam atau bahkan berpindah agama.

Emirat Teluk adalah negara Muslim pertama yang menggelar Piala Dunia sepak bola dan kekayaan gasnya telah memberinya sederet masjid agung untuk membangkitkan rasa ingin tahu para pengunjung.

Pasangan Kanada Dorinel dan Clara Popa mendengarkan azan di Masjid bergaya Ottoman di distrik budaya Katara Doha.

Dikenal sebagai Masjid Biru Doha karena mosaik ubin biru dan ungu yang mewah di dindingnya. Seorang pemandu membawa pasangan itu berkeliling ke interior rumit yang didominasi oleh lampu gantung raksasa.

Dorinel Popa, seorang akuntan berusia 54 tahun, mengatakan pasangan itu pertama kali melihat Islam.

"Kami berprasangka terhadap budaya dan orang-orang," karena kurangnya paparan terhadap orang lain, katanya.

Kopi dan iman

"Kami memiliki beberapa pemikiran di kepala kami dan sekarang mungkin beberapa di antaranya akan berubah," tambah istrinya, seorang dokter berusia 52 tahun.

Pusat Tamu Qatar, yang mengawasi Masjid Biru, telah membawa puluhan pengkhotbah Muslim dari seluruh dunia ke Qatar untuk mengikuti turnamen tersebut. Di luar masjid terdapat buklet dalam berbagai bahasa yang menjelaskan Islam dan Nabi Muhammad, bersama dengan kopi Arab dan kurma.

Relawan Suriah Ziad Fateh mengatakan Piala Dunia adalah "kesempatan untuk memperkenalkan jutaan orang kepada Islam" dan mengubah "kesalahpahaman" tentang agama yang banyak dikaitkan di Barat dengan radikalisme.

“Kami lebih banyak menjelaskan kepada masyarakat tentang etika, pentingnya ikatan kekeluargaan, dan menghormati tetangga dan non muslim,” imbuhnya.

Di dekat masjid, para sukarelawan mengatur meja yang ditujukan untuk mengunjungi wanita dengan tanda bertuliskan, "Tanya saya tentang Qatar."

Mereka yang singgah juga ditawari kopi arab.

Seorang relawan Palestina, Somaya, mengatakan sebagian besar pertanyaan menyangkut "cadar, poligami, dan apakah perempuan ditindas dalam Islam."

Rekor Qatar tentang hak perempuan dan LGBTQ telah banyak diteliti sehubungan dengan Piala Dunia.

Di dekatnya, pengunjung dapat menonton tur realitas virtual Islam selama lima menit.

Kampanye ini sedang dilakukan di seluruh Qatar.

'Kebahagiaan' dalam Islam

Di distrik Pearl, di mana banyak ekspatriat tinggal dan sering mengunjungi kafe dan restoran mahal, mural telah dilukis dengan kutipan dari Nabi Muhammad yang mendesak moralitas yang baik.

Pusat perbelanjaan kelas atas memasang iklan yang mempromosikan Islam.

Di pasar Souq Waqif, tempat ribuan penggemar berkumpul setiap hari, buku dan pamflet gratis ditinggalkan di salah satu gang dengan tulisan: "Jika Anda mencari kebahagiaan… Anda akan menemukannya dalam Islam."

Dekat Souq, Pusat Kebudayaan Islam Sheikh Abdulla bin Zaid buka 12 jam sehari untuk wisata.

Beberapa pemimpin Muslim di Qatar telah menyerukan upaya untuk mengubah penggemar sepak bola yang berkunjung untuk memahi islam.

Sultan bin Ibrahim Al Hashemi, seorang profesor syariah, atau hukum Islam, di Universitas Qatar yang mengepalai stasiun radio Voice of Islam, mengatakan Piala Dunia harus digunakan untuk menemukan mualaf baru serta melawan Islamofobia.

Hashemi mengatakan kepada AFP bahwa dalam pertemuannya dengan penggemar asing dia akan mendorong konversi.

"Jika saya menemukan kesempatan, saya akan menawari mereka Islam dengan mudah dan anggun, dan jika saya tidak menemukan kesempatan, saya akan memberi tahu mereka bahwa Anda adalah tamu kami dan saudara kami dalam kemanusiaan."

Dia menekankan bahwa Islam tidak menerima konversi melalui paksaan.

Unggahan media sosial mengklaim bahwa ratusan penggemar telah berpindah keyakinan, tetapi layanan pengecekan fakta AFP menunjukkan bahwa klaim tersebut palsu.

Seorang pejabat di kementerian wakaf keagamaan Qatar mengatakan kepada AFP bahwa tujuan negara bukanlah "jumlah orang yang masuk Islam, melainkan jumlah orang yang mengubah pendapat mereka tentangnya."

Fans mengatakan mereka menganggap ide konversi Piala Dunia tidak masuk akal.

“Ini kesempatan bagus untuk belajar lebih banyak tentang Islam,” kata Petr Lulic, warga Kroasia berusia 21 tahun di Qatar bersama keluarganya. "Tapi tidak ada yang memeluk agama baru selama turnamen sepak bola."(VOA/*)

Referensi:

https://www.voanews.com/a/world-cup-host-qatar-seeks-to-change-minds-on-islam/6862327.html

  • Bagikan