Diskominfo Soppeng Sosialisasi Perbup SPBE Dalam Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah

  • Bagikan
Sosialisasi Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 30 tahun 2022, tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) yang digelar Diskominfo Soppeng, di Hark Cafe Malaka Watansoppeng, Senin (5/12/2022).

SOPPENG, RAKYATSULSEL - Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Soppeng Sosialisasikann Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 30 tahun 2022, tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) dalam penyelenggaraan Pemerintahan Daerah, di Hark Cafe Malaka Watansoppeng, Senin (5/12/2022).

Plt Asisten Administrasi Umum, M. Evinuddin yang melaporkan bahwa SPBE mulai Perpres sampai Perbup telah tersedia yang penerapan dan percepatan penyelenggaraan Pemerintahan berbasis elektronik pada lingkup Kabupaten Soppeng segera dilakukan.

“SPBE bukan hanya kepentingan Diskominfo, tetapi penyelenggaraannya semua perangkat Daerah yang tergabung dalam tim koordinasi yang telah dibentuk dan ditetapkan oleh Keputusan Bupati. Tim koordinasi SPBE masing-masing sektor melakukan tugas dan fungsinya secara terkoordinasi dan maksimal,” kata M. Evinuddin.

Sementara, Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Soppeng Drs. A. Fithratuddin menjelaskan bahwa SPBE merupakan penyelenggaraan pemerintahan yang memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk memberikan layanan kepada pengguna SPBE.

“Perbup 30 tahun 2022 merupakan acuan, pedoman dan panduan pelaksanaan pengelolaan SPBE dalam penyelenggaraan Pemerintah Daerah lingkup Kabupaten Soppeng,” ucap A. Fithratuddin.

Ia merincikan bahwa ruang lingkup SPBE terdiri dari tata kelola SPBE, manajemen SPBE, audit TIK, penyelenggaraan SPBE, pembinaan dan pemantauan dan evaluasi SPBE.

“Kebijakan Perbup ini akan disusun arsitektur SPBE dan peta rencana SPBE yang menjadi kerangka dasar unsur SPBE dalam layanan Pemerintah agar terintegrasi yang ditargetkan rampung di tahun 2023 mendatang,” jelas A. Fithratuddin.

Dalam kegiatan sosialisasi itu pemateri yang dilibatkan yaitu Kadis Kominfo Soppeng dan Kepala bidang aplikasi dan informatika Diskominfo Soppeng Andi Muhammad Hasriadi.

Sementara peserta terdiri dari para pimpinan SKPD atau yang mewakili, para Camat atau yang mewakili, Anggota tim Koordinasi SPBE Kabupaten Soppeng, Anggota tim Assesor Internal SPBE Soppeng. (Ilham)

  • Bagikan