Perang Ukraina: Serangan Rudal Rusia Memaksa Pemadaman Listrik Darurat

  • Bagikan
Ukraina menjadi lebih dingin, dan pihak berwenang berjuang untuk mempertahankan pasokan listrik

UKRAINA, RAKYATSULSEL.FAJAR.CO.ID- Ukraina beralih ke pemadaman darurat untuk menstabilkan jaringan listriknya setelah serangan rudal Rusia pada hari Senin, kata Presiden Volodymyr Zelensky.

Dia mengatakan banyak daerah yang terkena dampak dan pemerintah setempat memperingatkan bahwa sekitar setengah dari wilayah Kyiv akan tetap tanpa listrik dalam beberapa hari mendatang.

Semalam, lebih banyak rudal menghantam infrastruktur kritis dan rumah-rumah penduduk di dekat kota selatan Zaporizhzhia, kata pejabat regional.

Tidak ada korban yang dilaporkan.

Empat orang tewas dalam serangan hari Senin.

Ukraina sekarang melihat salju dan suhu di bawah nol di banyak daerah, dan jutaan tanpa listrik dan air mengalir. Ada kekhawatiran bahwa sejumlah orang akan meninggal karena hipotermia.

  • Mengapa jutaan orang Ukraina tidak memiliki kekuatan saat musim dingin semakin dekat
  • Apakah menyerang jaringan listrik Ukraina merupakan kejahatan perang?

Dalam pidato videonya pada Senin malam, Presiden Zelensky mengatakan 70 rudal Rusia ditembakkan pada Senin, dan "sebagian besar ditembak jatuh".

Kementerian pertahanan Rusia mengatakan bahwa mereka mencapai semua 17 target yang dituju selama "serangan besar-besaran menggunakan senjata presisi tinggi".

Dia mengatakan "jumlah penutupan terbesar terjadi di wilayah Vinnytsia, Kyiv, Zhytomyr, Dnipropetrovsk, Odesa, Khmelnytskyi, dan Cherkasy", mengacu pada wilayah yang mencakup panjang dan lebar negara.

Namun dia berjanji bahwa pihak berwenang "akan melakukan segalanya untuk memulihkan stabilitas".

Mr Zelensky mengatakan pasokan listrik juga terpengaruh di negara tetangga Moldova, membuktikan bahwa tindakan Rusia adalah "ancaman tidak hanya untuk Ukraina, tetapi juga untuk seluruh wilayah kita".

Serangan hari Senin adalah serangan rudal besar kedelapan Rusia dalam delapan minggu.

Peringatan bahwa Rusia sedang merencanakan gelombang serangan baru telah beredar selama beberapa hari. Mereka akhirnya tiba hanya beberapa jam setelah serangkaian ledakan di dua lapangan terbang militer jauh di dalam Rusia, yang menurut Moskow dilakukan oleh drone Ukraina yang dicegat oleh pertahanan udara Rusia.

Tiga prajurit tewas dan dua pesawat rusak ringan di lapangan terbang di wilayah Ryazan dan Saratov, kata kementerian pertahanan Rusia.

Ukraina belum mengomentari masalah ini secara terbuka.

Dua lapangan terbang ratusan kilometer dari perbatasan Ukraina menampung pembom strategis Rusia yang telah digunakan untuk melakukan serangan rudal sejak invasi besar-besaran Moskow ke Ukraina dimulai pada 24 Februari.

  • Rusia menyalahkan Ukraina atas serangan di dua lapangan terbang

Sebelum serangan Rusia terbaru, para pejabat di Kyiv berbicara tentang beralih dari pemadaman darurat yang sangat mengganggu dan berlangsung selama berjam-jam, ke pemadaman listrik terjadwal yang lebih dapat dikelola yang menawarkan prediktabilitas yang sangat dibutuhkan warga sipil.

Moskow telah menggempur jaringan listrik Ukraina sejak 10 Oktober, menyusul serangkaian kekalahan berat militer di medan perang.

Beberapa pemimpin Barat menyebut strategi itu sebagai kejahatan perang karena banyaknya kerusakan yang terjadi pada infrastruktur sipil.

Para ahli mengatakan kepada BBC bahwa taktik Rusia menyerang infrastruktur energi kemungkinan besar dirancang untuk melemahkan semangat dan meneror penduduk, daripada mendapatkan keuntungan militer yang nyata.

Moskow telah berulang kali membantah tuduhan tersebut. (BBC/*)

Referensi:

https://www.bbc.com/news/world-europe-63868158

  • Bagikan