Tim Verifikasi Kota Sehat Sulsel, Canangkan Palopo Sebagai Kota Wisata Kesehatan

  • Bagikan
Sekda Kota Palopo, Firmanza DP saat menerima tim verifikasi Kota Sehat Provinsi Sulawesi Selatan, di Aula Bappeda Kota Palopo, Selasa (6/12/2022).

PALOPO, RAKYATSULSEL - Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Palopo, Firmanza DP dalam giat tim verifikasi Kota Sehat Provinsi Sulawesi Selatan, bertempat di Aula Bappeda Kota Palopo, Selasa (6/12/2022).

Firmanza mengatakan, bahwa Kota Palopo ini termasuk salah satu daerah rujukan untuk kesehatan dan wali kota sudah mencanangkan Kota Palopo ini sebagai salah satu Kota Wisata Kesehatan.

"Kita berharap rujukan-rujukan itu , dan orang-orang yang masuk ke wilayah Kota Palopo untuk berobat sama halnya dengan pergi berwisata , tidak semata-mata untuk berobat tetapi ada aspek wisatanya, kemudian pemulihannya itu diharapkan lebih cepat," kata Firmanza.

Perputaran aspek ekonomi di kesehatan Kota Palopo cukup signifikan, karena di jadikannya sebagai wisata kesehatan. Dan Kota Palopo memiliki dua rumah sakit yang dikelola oleh pemerintah daerah, ada rumah sakit tipe B dan tipe C, dan ini cukup signifikan dari aspek kesehatan.

"Kita berharap keunggulan-keunggulan ini bisa kita manfaatkan untuk dijadikan Palopo sebagai salah satu kota sehat," tambahnya.

Sekda menyampaikan terimakasih kepada Ketua Forum Kota Sehat, dan teman-teman yang sudah bekerja luar biasa untuk mewujudkan Kota Palopo ini menjadi salah satu kota sehat di wilayah Provinsi Sulawesi Selatan, dan wilayah Republik Indonesia.

Selanjutnya, Ketua Forum Kota Sehat Kota Palopo, dr. Hj. Utia Sari Judas, M.Kes dalam arahannya menyampaikan, bahwa kegiatan ini sebetulnya bukan untuk dilombakan, tetapi memang seharusnya kita bersih, dan dengan adanya perhatian agar bagaimana Kota Palopo ini agar di kenal di dunia luar, bahwa ada kota di sana yang bisa dikunjungi.

Ketua Forum Kota Sehat Palopo, berharap kepada OPD terkait dengan kegiatan ini, supaya bisa mendampingi tim pembina verifikasi provinsi untuk melihat yang mana ada kelebihan dan kekurangannya, supaya bisa memperbaiki lokus yang akan dikunjungi.

"Tim verifikasi Provinsi Sulawesi Selatan hadir di Kota Palopo untuk memverifikasi Kota Sehat, dimana kita melakukan pembimbingan dan melakukan evaluasi terkait, apa saja yang dilakukan, serta Kami melakukan pembinaan dan bimbingan dari Dinas Kesehatan Provinsi dan salah satu dukungan dari bapak Gubernur Sulawesi Selatan, dimana kita bisa meningkatkan derajat kesehatan masyarakat," kata Utia Sari Judas.

Adapun beberapa lokasi khusus yang akan dikunjungi, yaitu sekretariat tim pembina kota sehat, KWT perempuan peduli Benteng Kelurahan Benteng, SMP 2 Palopo, dan kantor Dinas Lingkungan hidup Kota Palopo.(Jaya)

  • Bagikan