Masuk Nominasi IGA 2022-2023, Balitbangda Sebut Kontainer Makassar Recover Beri Manfaat Besar Bagi Warga Makassar

  • Bagikan
Wali Kota Makassar, Danny Pomanto meninjau salah satu kontainer Makassar Recover, beberapa waktu lalu

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Makassar telah memasukkan dan mengusulkan Makassar Recover masuk dalam Inovasi Government Award (IGA) 2022-2023. Itu, berdasarkan kajian dan asas manfaat yang diberikan untuk masyarakat.

Kepala Balitbangda Kota Makassar, Andi Bukti Djufrie menyampaikan, Makassar Recover ini merupakan ide Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto.

Hal ini, upaya Pemerintah Kota (Pemkot) dalam menanggulangi penyebaran Covid-19 di Makassar dan itu berhasil dilaksanakan. Bahkan, menjadi pilot project oleh Kemendagri dalam penanggulangan covid.

"Saya kira ini inovasi bapak Walikota Makassar Makassar Recover sangat baik karena memiliki asas manfaat bagi masyarakat sehingga kami usulkan dan alhamdulillah masuk nominasi inovasi IGA 2022-2023 mendatang," ujar Andi Bukti Djufrie, Rabu (7/12).

Andi Bukti--sapaan akrabnya menjelaskan, tak semua inovasi bisa langsung masuk dan didorong ke IGA. Semua harus dilihat berdasarkan asas manfaat. Seperti, peran Kontainer Makassar Recover membantu menurunkan angka penyebaran covid.

"Lewat Kontainer Makassar ini, penyebaran dipantau dengan menurunkan satgas yang juga bagian dari Makassar Recover," tegasx.

Kemudian, kata Andi Bukti, selanjutnya dilakukan pengembangan Inovasi pasca covid selesai dengan memanfaatkan kontainer tersebut, didalamnya ada berbagai kegiatan. Misalnya, sebagai posyandu, sebagai tempat penyelesaian masalah kamtibmas dan juga sebagai tempat pertemuan para pemangku kepentingan di kelurahan.

Diketahui, inovasi Makassar Recover ini memiliki beberapa bagian tugas, salah satunya Kontainer yang disebar ke 153 Kelurahan. Keberadaan Makassar Recover kemudian diganjar penghargaan oleh pemerintah pusat melalui Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) 2021. (*)

  • Bagikan