Wujudkan Pemerataan Listrik, Pemkab Selayar Bakal Hadirkan PLTS di Empat Kecamatan Pulau

  • Bagikan

KEPULAUAN SELAYAR, RAKYATSULSEL - Pemerintah Kabupaten Kepulauan terus memaksimalkan upaya dalam rangka mewujudkan energi listrik berkeadilan.

Hal tersebut disampaikan Kepala Bagian Ekonomi Setda, Rahman Made usai mendampingi Wakil Bupati Saiful Arif mengikuti Rapat Koordinasi Lintas Sektoral dengan Kementerian ESDM dan PT. PLN, di Kantor Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Provinsi Sulawesi Selatan di Jalan AP Pettarani, Makassar, Rabu (7/12).

"Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar dibawah kepemimpinan Bupati Muh.Basli Ali dan Saiful Arif berkomitmen untuk mewujudkan pemerataan listrik khususnya di wilayah kepulauan demi terwujudnya energi berkeadilan," ucapnya

Dari upaya dan koordinasi yang telah dilakukan selama ini, beberapa diantaranya telah mendapatkan kepastian dan siap untuk direalisasikan. "Alhamdulillah," sambung Rahman Made dalam keterangannya.

Dirinya kemudian merinci, untuk tahun anggaran 2023 ada tiga program yang akan direalisasikan yakni; Program kegiatan Bantuan Pasang Baru Listrik (BPBL) yang sementara dilakukan survei oleh Tim USAID-sinar pada 30 Desa di Kecamatan Daratan.

Selanjutnya Program percepatan Pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) terpusat oleh PT. PLN (Persero) UID Sulserabar di empat Kecamatan Kepulauan.

"Diantaranya PLTS Kayuadi Kecamatan Takabonerate dengan kapasitas 1.014 kWp, PLTS Tanamalala Kecamatan Pasimasunggu, kapasitas 176 kWp, PLTS Bonerate Kecamatan Pasimarannu 1.392 kWp, dan PLTS Kalaotoa Kecamatan Pasilambena  632 kWp," ungkapnya

Selain itu, Interkoneksi Daratan Selayar ke Pulau Pasi Kecamatan Bontoharu dengan bentangan kabel listrik, sehingga masyarakat di tiga desa tersebut dapat menikmati pemenuhan kebutuhan dasar listriknya. (*)

  • Bagikan