Ziarah ke Makam Sahabatnya, IAS Kenang Keberanian Anas Genda di Munaslub Golkar

  • Bagikan
Ilham Arief Sirajuddin ziarah di makam koleganya di Partai Golkar, Anas Genda di pekuburan umum Taccipi, Kecamatan Ulaweng, Kamis, (8/12/2022).

BONE, RAKYATSULSEL - Roadshow kandidat bakal calon gubernur Sulsel 2024, Ilham Arief Sirajuddin (IAS) di Kabupaten Bone, diisi dengan ziarah ke makam sahabatnya, Anas Genda. Anas merupakan politisi muda Golkar yang sempat mengecap kursi DPRD Sulsel bersama IAS di awal 2000-an. Anas berpulang setelah diserang penyakit kanker usus tahun 2011 lalu.

IAS bercerita ketika sahabatnya itu terserang sakit. Anas ketika itu diharuskan operasi. Tapi menolak karena takut risiko bedah.

"Saya kemudian dihubungi keluarga almarhum yang sudah setuju untuk operasi. Saat saya temui, saya hanya berulang-ulang mengingatkan bagaimana keberanian almarhum menantang maut dalam beberapa kejadian," kenang IAS di pekuburan umum Taccipi, Kecamatan Ulaweng, Kamis, (8/12/2022).

Salah satu momentum Anas memperlihatkan keberaniannnya adalah saat Munas Luar Biasa Partai Golkar pada 1999. Ketika itu, mantan Panglima ABRI Jenderal TNI (Purn) Edi Sudrajat dikalahkan oleh Akbar Tanjung sebagai ketua umum.

"Saya ingat sekali, Anas begitu berani naik ke atas meja sidang untuk menunjukkan perjuangan. Padahal ketika itu, tentara memenuhi area munas. Momen itulah yang saya gunakan membujuk Anas yang harus operasi ketika itu. Saya sampaikan, bahwa kalau soal mati, dia sudah mati di munas itu andai ajal itu bukan Allah Swt yang tentukan. Jadi, kenapa harus takut operasi? Akhirnya beliau setuju operasi setelah berhari-hari saya bujuk," kenang IAS.

Roadshow politik IAS enam bulan terakhir, selalu diisi dengan ziarah makam. Baik itu makam leluhur, hingga sahabat-sahabatnya yang lebih dulu meninggal dunia. (fahrullah)

  • Bagikan