Anies Baswedan Bicara Transfromasi Pendidikan di PPs UMI

  • Bagikan

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Mantan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan memberikan kuliah pakar 'Penguatan Dunia Pendidikan dalam Merespon Fenomena Krisis Global untuk Indonesia Maju' di Kampus Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar, Jalan Urip Sumiharjo, Kota Makassar, Sabtu (10/12/2022).

Dalam kuliah pakar tersebut, Anies Baswedan berbicata mengenai transformasi pendidikan di Indonesia.

Dalam pemaparannya, Anies Baswedan mengungkapkan, dalam menghadapi transformasi pendidikan, ia mengajak agar lebih serius dalam pendidikan untuk menghasilkan generasi penerus bangsa.

Terkait dengan transformasi pendidikan kita pelu serius di dalam proses pendidikan kita, aga menghasilkan pribadi-pribadi pembelajar, orang-orang yang memiliki kemauan untuk belajar.

"Kemauan untuk terus menerus to learn and to hanlder. Sehingga bisa mengikuti perubahan zaman yang terjadi. Kapasitas itulah yang dibutuhkan," ungkapnya.

Calon Presiden asal partai NasDem itu menyebut bahwa dunia pendidikan saat ini sudah terbukti menjadi eskalator sosial ekonomi bagi anak-anak generasi bangsa.

"Tadi kita berdiskusi mengenai pendidikan, bagaimana pendidikan itu terbukti menjadi eskalator sosial ekonomi bagi anak-anak generasi masa depan bangsa," tuturnya.

Lanjut dia, ketika kesempatan pendidikan tersebut baik dan kualitas baik, lanjut dia, maka itu menjadi pembuka pintu untuk mendapatkan kualitas kehidupan yang lebih baik dari generasi sebelumnya.

"Jadi tadi saya sampaikan pentingnya kita memberikan kesempatan itu kepada seluruh wilayah di Indonesia. Makassar lah salah satu contoh dimana pendidikan sebagai eskalator sudah terjadi," jelasnya.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu, juga merasa bersyukur bisa kembali ke kota Makassar dan negerinya para pemberani-pemberanu.

"Ini adalah sebuah kota tumbuh besar orang-orang yang selalu berani melakukan terobosan, selalu berani membuat kebaruan, itu semua tercermin dalam spirit mereka dan keseharian mereka," tandasya.

Sedangkan, Direkrur PPs UMI, Prof. Dr. Sufirman Rahman punya pendapat pribadi tentang soaok Anies dianggap akademisi dan birokrat yang matang melewati berbagai jabatan.

"Beliau adalah seorang praktisi pemerintah Indonesia yaitu Gubernur DKI Jakarta dalam kepemimpinannya selama kurang lebih 5 tahun itu banyak perubahan. Kalau kita jalan-jalan ke Jakarta melihat kebersihan luar biasa," katanya.

Ia juga menyampaikan pesan dari Rektor UMI Prof. Dr. Basri Modding mendoakan Anies Baawedan agar tetap sehat dan mendapat amanah untuk Indonesia di tahun mendatang.

"Pak Rektor UMI titip salam untuk Pak Anies. Beliau menitip Slsalam kepada Prof Anis 'saya (Prof. Basri Modding red) mendoakan pak Anies sehat dan Indonesia sehat'. Saya tidak kurangi dan saya tidak tambah tambah," ucap Prof. Sufirman membacakan pesan singkat dari Prof. Baari Modding. (Yad/B)

  • Bagikan