Pembukaan Kejurnas Taekwondo PTMC, Dihadiri 550 Peserta

  • Bagikan
Ketua PTMC, John Rende Mangontan Beri Sambutan Pembukaan PTMC 2022

TATOR, RAKYATSULSEL - Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Passemba Toraya Mala’ bi' Championship (PTMC) Cup III resmi dibuka di gedung Tammuan Malik, Makale, kabupaten Tana Toraja (Tator), Sabtu (10/12). Kegiatan ini dihadiri 550 peserta yang tersebar dari beberapa provinsi di Indonesia.

Ketua PTMC, John Rende Mangontan atau akrab disapa JRM dalam sambutannya menyampaikan puji syukur dipanjatkan kepada Tuhan sebab diberikan kesempatan melaksanakan kegiatan PTMC ini. Agenda ini dilaksanakan, 10-13 Desember 2022.

"Awalnya ada 573 yang mendaftar, namun hadir hanya 550 karena ada terkendala. Seperti harus mengikuti ujian semester di sekola sehingga batal hadir dalam kegiatan ini," jelas John Rende, Minggu (11/12).

John menjelaskan, kegiatan Passemba' Toraja merupakan salah satu atraksi budaya masyarakat Toraja. Di mana, disajikan dalam berbagai kegiatan dan menjadi bagian dari olahraga. Sehingga PTMC, kerja sama dengan pengurus Taekwondo Tator untuk melaksanakan kegiatan kejurnas saat ini.

”Berharap even ini menjadi kalender olahraga dan pariwisata nasional yang juga sebagai ajang prestasi dan sebagai kegiatan pengembangan pariwisata Toraja," jelasnya.

John berharap peserta menjunjung tinggi asas sportif. Selain itu, peserta dari luar Toraja bisa menyempatkan diri mengunjungi objek wisata yang ada.

Terpisah, Pengurus Taekwondo Sulsel, Kalfin Alloto'dang dalam kesempatan itu sebelum membuka kegiatan tersebut mengapresiasi Pemkab Tator yang turut mendukung kegiatan tersebut. Ia juga mengapresiasi PTMC yang melaksanakan even setiap tahun di Tator.

Dirinya berharap melalui kegiatan ini akan muncul bibit atlet yang bisa berprestasi di tingkat nasional. Harapannya, pemkab kedepan bisa terus mendukung kegiatan seperti ini dan bisa dilaksanakan secara kontiniu agar Toraja sebagai lumbung atlet bisa berkontribusi bagi daerah.

Sementara, Pelaksana tugas (Plt) Sekertaris Daerah (Sekda) Suleman Malia mengapresiasi PTMC yang bisa melaksanakan kegiatan ini.

”Kegiatan ini disambut dan didukung pemerintah daerah selain menyemarakkan Lovely Desember juga sebagai ajang promosi budaya Toraja untuk kebangkitan kemajuan pariwisata," tegasnya. (Cherly).

  • Bagikan