UNM Jadi Kampus Terbaik Indonesia Timur, Abdidaya Ormawa 2022

  • Bagikan
Mahasiswa UNM Berhasil Ukir Prestasi

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Sebanyak empat Organisasi Kemahasiswaan (Ormawa) Universitas Negeri Makassar (UNM) menjadi finalis dalam Abdidaya Ormawa Tahun 2022 yang diselenggarkan oleh Direktorat Belmawa Kemendikbudristek di Intitut Pertanian Bogor (IPB) yang berlangsung sejak 6-11 Desember.

Keempatnya yakni, Himaprodi PBSI FBS, LDF RM Fakultas Teknik, HMJ Matematika FMIPA, HMO Fakultas Teknik. UNM berhasil menembus 8 kategori dalam program tersebut yaitu, Sistem Pendukung Perguruan Tinggi, 2 dosen Pendamping Ormawa, 1 Ormawa, dan 4 tim pelaksana PPK Ormawa.

Alhasil, tim UNM berhasil enam kali berdiri di panggung menerima penghargaaan. Di antaranya, Perak untuk poster pelaksana HMJ Matematika FMIPA, Honorable Mention Perguruan Tinggi kategori Kerjasama Mitra, Honorable Mention Dosen Pendamping kategori Keberlanjutan Program, Perunggu Dosen Pendamping, Perak tim pelaksana LDF RM Fakultas Teknik, dan Harapan 1 tim pelaksana HMJ Matematika FMIPA.

Capain tersebut menobatkan UNM sebagai kampus terbaik di lndonesia Timur dalam Abdidaya Ormawa tahun 2022 yang bertema Penguatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan sebagai Agen Transformasi dan Pembangunan Bangsa yang Berlandaskan Inovasi Teknologi demi Mewujudkan Indonesia Maju.

Rektor UNM Prof Husain Syam mengaku sangat bangga atas capaian yang ditorehkan oleh organisasi kemahasiswaan UNM sebagai finalis dari Direktorat Belmawa Kemendikbudristek.

"Tentunya ini bagian dari sebuah proses kemajuan perguruan tinggi, bagaimana sumber daya manusia yang kita miliki mampu menjadi unggul di mata nasional serta menorehkan prestasi gemilang," ujar Prof Husain Syam, Senin (12/12).

Sementara, Prof Andi Idkhan selaku Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaaan dan Alumni menuturkan kebanggaannya atas capaian yang diperoleh UNM dalam Abdidaya Ormawa 2022. Dirinya mengaku kedepan akan lebih mematangkan persiapan agar bisa memperoleh medali lebih banyak lagi.

“Saya memberikan apresiasi setinggi-tinggi atas capaian adik-adik mahasiswa dalam mengharumkan nama baik kampus kita yang tercinta UNM, tentu kita tidak boleh berpuas diri, yang terpenting terus bekerja lebih baik lagi,” pungkasnya.

Disamping itu, Prof Bahkrani Rauf selaku ketua Tim PPK Ormawa UNM menjelaskan pencapaian tersebut merupakan akumulasi dari perjalanan panjang persiapan mahasiswa dan seluruh stackholder selama ini. Program ini tidak sekadar meningkatkan softskill tapi juga melibatkan seluruh sistem yang dalam organisasi kemahasiswaan.

“Finalis Abdidaya ini merupakan penentuan siapa yang terbaik dari ribuan peserta yang ikut progam tersebut. Persiapan dimulai dari fisik, mental, dan keselamatan seluruh anggota tim PPK Ormawa hingga mempresentasikan capaian-capaian tersebut,” terang Ketua LP2M UNM itu.

Lebih lanjut, Prof Bahkrani menjelaskan capaian ini tidak bisa diraih tanpa dukungan penuh dari pimpinan UNM yang selalu memberikan arahan selama proses berlangsung.

"Saya tentu ingin katakan bahwa keberhasilan ini juga berkat dukungan yang luar biasa dari Rektor UNM, Prof Husain Syam yang tak henti memberikan kami motivasi dan arahan selama kegiatan ini berlangsung," ucapnya.

Para finalis pada Abdidaya Ormawa ini menjadi puncak kegiatan dari Program Penguatan Kapasitas Organisasi Kemahadiswaan (PPK-Ormawa) yang diikuti seluruh Ormawa di berbagai Perguruan Tinggi.

Sebanyak 328 tim Ormawa yang menjadi penerima pendanaan PPK Ormawa hingga pada akhirnya setelah melewati proses visitasi oleh tim PPK Ormawa, tinggal 75 tim dari 42 Perguruan Tinggi yang masuk Final untuk berkompetisi pada Abdidaya Ormawa di IPB, Bogor 2022.

PPK Ormawa adalah program penguatan kapasitas ormawa melalui serangkaian proses pembinaan ormawa oleh PT yang diimplementasikan dalam program pengabdian dan pemberdayaan masyarakat di Desa yang diselenggarakan Belmawa Kemendibudristek.

Dalam program Abdidaya selain kompetisi, tetapi juga dilaksanakan ekspo dengan memamerkan produk-produk inovatif yang merupakan salah satu output kegiatan pengabdian. (*)

  • Bagikan