Diklat Integrasi TNI-Polri di Sulsel Resmi Dibuka, Diharap Wujudkan Sinergitas Lebih Solid

  • Bagikan

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Ratusan siswa dari tingkatan bintara terlibat dalam Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Integrasi TNI-Polri Tahun 2022 di Sulsel yang resmi dibuka hari ini, Senin (12/12/2022). Para bintara dari kedua institusi abdi negara tersebut siap berpartisipasi untuk memupuk sinergitas demi soliditas.

Pembukaan diklat ini adalah yang kedua dilakukan TNI-Polri secara serentak di beberapa wilayah di Indonesia. Adapun tujuannya yaitu dalam rangka membangun kampus kebangsaan.

Kapolda Sulsel, Irjen Pol Nana Sudjana menjelaskan, upacara pembukaan yang dilakukannya merupakan awal dimulainya

rangkaian kegiatan Diklat Integrasi TNI-Polri. Kegiatannya dalam bentuk latihan kolaborasi untuk peserta didik Dikmaba TNI dan Diktukba Polri yang dilaksanakan selama 5 hari di 13 Satdik TNI dan Polri. Khusus di Sulsel, akan berlangsung di SPN Batua dan Kodiklat Kodam XIV Hasanuddin.

Jenderal bintang dua itu menyebut, kegiatan diklat integrasi TNI-Polri merupakan implementasi tindak lanjut dari perjanjian kerjasama antara TNI AD, TNI AL, TNI AU dengan Polri tentang penyelenggaraan kegiatan terintegrasi pada pendidikan pembentukan. Mulai dari pendidikan pertama, pendidikan pembentukan perwira dan pendidikan pengembangan umum. 

"Kegiatan ini sebagai tindak lanjut peningkatan kerjasama diwujudkan dalam kegiatan kolaborasi dan integrasi di semua tingkat pendidikan TNI-Polri," ujar Nana Sudjana dalam pembukaan Diklat Integrasi TNI-Polri Tahun 2022 yang berlangsung di Lapangan Upacara SPN Batua.

Lanjut orang nomor satu di Polda Sulsel itu, menerangkan sinergitas kegiatan yang dilaksanakan menitikberatkan pada keterampilan berkomunikasi, memotivasi diri, memecahkan permasalahan, kerjasama tim, dan kepemimpinan yang memiliki jiwa ksatria integrasi.

Dari situ, diharapkan agar nantinya dalam proses diklat, terbangun dan terwujudnya rasa kebersamaan serta esprit de corps antara peserta didik Dikmaba TNI dan Diktuk Bintara Polri. Selama kegiatan berlangsung, para peserta nantinya akan diberi materi berupa, pengenalan doktrin matra, pengenalan fungsi matra, perbantuan tni kepada polri dan perbantuan polri kepada tni.

Kemudian ada juga materi operasi bersama TNI-Polri. Serta tidak kalah pentingnya kegiatan lainnya yang mendorong terwujudnya sinergitas dan soliditas melalui integrasi TNI-Polri.

"Kegiatan ini diharapkan mampu

menguatkan sinergitas antara TNI-Polri sebagai komponen yang memiliki peran penting dalam menjaga stabilitas keamanan nasional," ujarnya.

Selain itu, lanjut mantan Kapolda Metro Jaya ini, pihaknya juga mengharapkan diklat tahun ini dapat memberikan dampak positif bagi seluruh peserta didik sehingga terjalin silaturahmi dan sinergitas antara TNI dan Polri yang dimulai dari lembaga pendidikan sampai nantinya bertugas di satuan masing-masing.

Kepada para peserta didik, Nana Sudjana meminta untuk pelaksanaan dari setiap rangkaian kegiatan dilakukan dengan penuh semangat dan keikhlasan. Semua dengan tujuan yang sama, yakni menjalin persahabatan antara personel TNI-Polri.

"Gunakan kesempatan ini sebagai momentum untuk membina hubungan ke depan pada saat pelaksanaan tugas di satuan wilayah masing-masing," pungkasnya. (Isak/B)

  • Bagikan