Kelompok Ternak dan Pembudidaya Perikanan Berprestasi di Parepare Dapat Penghargaan Khusus dari Wali Kota

  • Bagikan

PAREPARE, RAKSUL- Wali Kota Parepare, HM Taufan Pawe, didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Hj Erna Rasyid Taufan, Kepala Dinas Pertanian, Kelautan, dan Perikanan, Wildana, dan Kepala Dinas Perdagangan, Prasetyo Catur, menyerahkan penghargaan kepada pemenang lomba kelompok ternak dan kelompok pembudidaya perikanan berprestasi Tahun 2022.

Kegiatan tersebut juga dirangkaikan penyerahan klaim asuransi usaha ternak (AUT) dan bantuan peralatan bagi industri kecil dan menengah (IKM), melalui Pagu wilayah lingkup Dinas Perdagangan kota Parepare Tahun Anggaran 2022, yang dilaksanakan di Baruga Rumah Jabatan Walikota Parepare, Selasa (13/12/2022).

Menurut Kepala Dinas PKP Kota Parepare, Wildana, penyerahan penghargaan ini sebagai bentuk apresiasi dan motivasi dari pemerintah kota Parepare kepada kelompok ternak dan pembudidaya perikanan, dalam mengoptimalkan kelangsungan kelembagaan kelompok tersebut. Dengan segala upaya dalam mendorong peningkatan sumber daya manusia internal kelompok.

"ini tujuannya sebagai bentuk upaya pemerintah kota dalam meningkatkan fungsi pembinaan dan pengawasan, kelangsungan usaha peternakan dan budidaya perikanan baik bagi individu peternak dan pembudidaya, maupun sebagai kelompok dalam kelembagaannya, "Tutur Wildana.

Lanjut Wildana, sebagai bukti hadirnya pemerintah kota Parepare dalam ikut menopang kelangsungan usaha peternakan, dengan melalui penjaminan asuransi pada pelaku usaha peternakan, serta pada bidang perdagangan dan industri kecil menengah.

Sementara Walikota Parepare HM Taufan Pawe, menyebut, bahwa acara ini memang telah direncanakan setiap tahunnya untuk memberikan reward dalam penilaian bagi kelompok tani, kelompok ternak, budidaya dan perikanan, terkait dengan prestasi-prestasi yang dilakukan.

"sehingga mereka dapat meningkatkan ketahanan pangan kita, karena sektor-sektor ini jangan dianggap remeh. Kelompok inilah yang membuat kota kita parepare ini, kuat dan tangguh dalam ketahanan pangan. Ini penting sekali, jadi kita lakukan pembinaan-pembinaan,"Ucap Walikota bergelar Doktor Hukum ini.

Di samping itu, kata Taufan, Pemerintah juga menyerahkan bantuan-bantuan UKM, bantuan peralatan-peralatan dari dinas perdagangan dengan tujuan untuk memotivasi dan juga meningkatkan income per kapita masyarakat Kota Parepare.

"Income Per Kapita masyarakat yang saya terima itu Tahun 2013 hanya sekitar 14 juta. Income perkapita atau PDRB masyarakat saya sekarang itu sudah 51 juta 800 ribu. Jadi bantuan-bantuan seperti ini memang kewajiban pemerintah untuk memikirkan masyarakatnya, " tandasnya.

sebanyak 215 orang yang hadir dalam kegiatan tersebut, yang merupakan perwakilan beberapa kelompok ternak, kelompok pembudidaya perikanan, para penyuluh Pertanian Peternakan dan Perikanan, serta kelompok penerima bantuan peralatan industri kecil dan menengah (IKM).(Yanti)

  • Bagikan

Exit mobile version