Pemprov Sulsel Luncurkan Aplikasi Kebencanaan Bernama Si Andalan

  • Bagikan
Peluncuran Aplikasi Kebencanaan Si Andalan oleh Pemprov Sulsel bersama seluruh stakeholder pada Focus Group Discussion (FGD) terkait pembentukan forum pengurangan risiko bencana tahun 2022, yang berlangsung di Hotel Maxone Makassar, Selasa (13/12). (foto: Shasa/A)

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan dalam hal ini Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sulsel melaunching aplikasi untuk mengetahui kebencanaan di Sulsel bernama Si Andalan.

Kepala BPBD Sulsel, Muhammad Firda mengatakan aplikasi Si Andalan ini hadir untuk memenuhi kebutuhan masyarakat mendapatkan informasi kebencanaan di Sulsel.

Menurutnya, aplikasi ini menjadi suatu kebutuhan bukan hanya bagi masyarakat tetap juga para stakeholder.

"Aplikasi andalan ini bukan sekedar hanya membuat aplikasi yang lagi trend sekarang, ini suatu butuhan, kebutuhan perencanaan kebutuhan untuk publish ke masyarakat," ujarnya, usai melaunching aplikasi Si Andalan di Hotel Maxone Makassar, Selasa (13/12).

Firda menyebut didalam aplikasi Si Andalan informasi mengenai kebencanaan di Sulsel dapat diakses kapanpun dan akan terperbaharui informasinya setiap hari. Sehingga, informasi yang berikan itu akuntable.

"Sekarang, jika teman-teman media membutuhkan informasi tidak perlu menelfon saya, tinggal melihat diaplikasi, berapa kebakaran berapa banjir, itu sudah bisa dilihat dan itu terupdate setiap hari," terangnya.

Lanjut, selain sebagai informasi untuk masyarakat, Aplikasi ini juga dapat dimanfaatkan oleh stakeholder terkait untuk bahan perencanaan di seluruh kabupaten kota di Sulsel.

"Foto yang kami posting itu kita kedepan, bagi semua yang mengirimkan foto sudah harus memakai open camera yang ada GPS nya. Supaya foto itu bisa kami pertanggung jawabkan bahwa memang jam sekian pernah banjir, disitu. Itu memperkuat data kita sehingga akuntabilitas data kita dapat dipertanggung jawabkan," pungkasnya.

Sementara itu, Asisten Ekonomi, Pembangunan dan Kesejahteraan Pemprov Sulsel, Ichsan Mustari mengatakan aplikasi ini merupakan sistem data dan informasi kebencaanaan di Sulsel.

Di mana, nantinya aplikasi Si Andalan ini akan menyajikan informasi terbaru dan akurat.

"Si Andalan ini, data dan informasi. Langkah cepat kita terhadap sesuatu dapat kita lakukan. Langkah tepat, cepat, safety itu bisa kita lakukan kalau ada data dan informasi yang update dan akurat," ungkap Ichsan.

Lanjut, Ia menuturkan dalam aplikasi tersebut menyajikan informasi soal bencana, peta-peta bencana khususnya di Sulawesi Selatan. Dan Si Andalan ini dapat diakses oleh masyarakat umum dengan cara mengunduh dari play store dan IOS.

"Si Andalan ini adalah aplikasi yang berbasis android, bisa digunakan oleh semua orang untuk melihat informasi soal bencana, peta-pera bencana khususnya di Sulsel. Jadi sistem data dan informasi kebencanaan di Sulsel," ucapnya. (Shasa/B)

  • Bagikan