UMI dan SEU Teken MoU

  • Bagikan

JAKARTA, RAKYATSULSEL - Universitas Muslim Indonesia (UMI) dan Saudi Elektronik University (SEU) jalin kerjasama yang ditandai dengan penandatanganan MoU Rektor UMI, Prof. Dr. H Basri Modding, SE.,MSi dan Dr. Lilac Ahmad Al-Safadi di Aula Prof. Dr. Harun Nasution UIN Syarif Hidayatullah Jakarta (12/12).

Pada kesempatan tersebut, juga dilanjutkan penandatanganan MoU UMI dengan Ittihad Mudarris al Lughah al Arabiyyah (IMLA) Indonesia.

Kerjasama yang dihadiri 43 Pimpinan Perguruan Tinggi se Indonesia ini juga menyepakati tentang pengembangan pembelajaran Bahasa Arab Online dan Tes Standar Bahasa Arab Al-Jami’ah As-Su’udiyyah Al-Elektroniyah, di kampus mitra SEU .

Rektor UMI, Prof. Dr. H Basri Modding, SE.,MSi di sela-sela acara mengatakan, berterima kasih kepada Pengurus Pusat Ittihad Mudarris al Lughah al Arabiyyah (IMLA) Indonesia yang memfasilitasi kegiatan ini.

“Universitas Muslim Indonesia sebagai Lembaga Pendidikan dan dakwah sangat terbuka untuk senantiasa membangun jalinan kerjasama dengan berbagai pihak yang memiliki visi dan misi yang sama untuk pengembangan pendidikan yang lebih berkualitas di era 4.0 menuju era society. 5.0. Khusus penandatangan MoU hari ini diharapkan pembelajaran bahasa Arab lebih efektif dan efesien," jelasnya.

Sementara itu, Rektor SEU, Dr. Lilac dalam sambutannya mengapreasiasi PP IMLA dan Rektor UIN Syarif Hidayatullah yang memfasilitasi penandatanganan MoU yang dilanjutkan pelatihan program aplikasi belajar bahasa Arab online oleh SEU untuk lebih meningkatkan pembelajaran bahasa Arab berbasis IT dengan menghadirkan 43 Pimpinan perguruan Tinggi se Indonesia.

Pembelajaran bahasa termasuk bahasa Arab, lanjut Dr. Lilac, sangat penting untuk penggunaan media yang berbasis online. Sebab, Program Bahasa Arab Online (Arabic Online) SEU merupakan pembelajaran bahasa jarak jauh berbasis Internet yang di dalamnya terdapat tes standar Bahasa Arab atau Test of Arabic as Foreign Language (TOAFL) dan telah didesain dengan sistem Eropa.

"Pembelajaran bahasa Arab ini dengan penggunaan teknologi baru dalam transformasi digital e-learning, sehingga setiap orang untuk dapat mengakses pembelajaran yang mereka butuhkan. Bagaimana mereka membutuhkannya, dan di mana mereka membutuhkannya," ujarnya.

Setelah penandatangan MoU dilanjutkan pelatihan dan sosialisasi tehnik penerapan Program Bahasa Arab online oleh Dr. Asma (SEU).

Dalam pelatihan ini dijelaskan tata cara pembuatan akun hingga mengoperasikan program bahasa arab online tersebut.
Program bahasa Arab online milik SEU yang terdiri atas 16 level.

SEU akan memberikan pelatihan dan dukungan teknis sesuai dengan kapasitas yang dimiliki sehingga pengajar Program Bahasa Arab Online di lembaga Pihak Kedua melaksanakan pembelajaran sebagaimana mestinya.

Nampak hadir Rektor UNI Syarif Hidayatullah Jakarta, Prof Dr Hj Amany Lubis,MA., Ketua Umum IMLA, Dr. Tulus Mustfa, Lc.,MA dan 43 Pimpinan Perguruan Tinggi se Indonesia.

Sementara dari UMI Nampak hadir mendampingi Rektor UMI, Wakil Rektor II, Prof. Dr. H. Salim Basalamah SE, MSi. Wakil Rektor V, Prof. Dr. Ir. H Muh Hattah Fattah MS dan Kepala Humas, Protokoler dan Kerjasama UMI, Dr. Hj Nurjannah Abna. M.Pd. (*)

  • Bagikan