Selandia Baru Mengeluarkan Undang-Undang Tentang Larangan Merokok untuk Generasi Masa Depan

  • Bagikan
Seorang Wanita Merokok

SELANDIA BARU, RAKYATSULSEL.FAJAR.CO.ID- Selandia Baru akan menerapkan larangan tembakau secara bertahap mulai tahun depan.

Undang-undang dikeluarkan oleh parlemen pada hari Selasa yang berarti setiap orang yang lahir setelah tahun 2008 tidak akan pernah bisa membeli rokok atau produk tembakau lainnya.

Artinya jumlah orang yang bisa membeli tembakau akan menyusut setiap tahunnya. Pada tahun 2050, misalnya usia 40 tahun akan terlalu muda untuk membeli rokok.

Mentri Kesehatan Ayesha Verrall, yang memperkenalkan RUU itu, mengatakan hal itu adalah langkah "menuju masa depan yang bebas asap rokok".

"Jutaan oralng akan hidup lama, hidup sehat dan sistem kesehatan mereka akan menjadi NZ$5 miliar (US$3.2 miliar) (Rp 50,3 triliun) lebih baik mencegah daripada mengobati penyakit yang disebabkan karena merokok," kata Dr Verrall.

Tingkat merokok Selandia Baru sudah mencapai titik terendah dalam sejarah, dengan hanya 8% orang dewasa yang merokok setiap hari menurut statistik pemerintah yang dirilis pada bulan November, turun dari 9,4% tahun lalu.

Diharapkan RRU Lingkungan Bebas Rokok akan mengurangi angka tersebut menjadi kurang dari 5% pada tahun 2025, dengan tujuan akhir untuk menghilangkan praktik tersebut sama sekali.

RRU itu juga dirancang untuk membatasi jumlah pengecer yang dapat menjual produk tembakau asap hingga 600 di seluruh negeri turun dari 6.000 saat ini dan mengurangi kadar nikotin dalam produk untuk mengurangi kecanduan.

  • Arden meminta maaf atas penghinaan MP yang terekam di mikrofon

"Itu berarti nikotin akan dikurangi ke tingkat non-adiktif dan masyarakat akan bebas dari proliferasi dan pengelompokan pengecer yang menargetkan dan menjual produk tembakau di wilayah tertentu,” kata Dr Verrall.

Dia menambahkan bahwa undang-undang tersebut dapat menutup harapan hidup antara warga Maori dan non-Maori. Tingkat merokok keseluruhan untuk warga Maori adalah 19,9%; turun dari angka tahun lalu sebesar 22,3%.

Undang-undang baru tidak melarang produk vape, yang telah menjadi jauh lebih populer di kalangan generasi muda daripada rokok.

Para pengkritik RUU termasuk partai ACT yang memegang 10 kursi di parlemen telah memperingatkan bahwa kebijakan tersebut dapat memicu pasar gelap produk tembakau dan membunuh toko-toko kecil.

"Tidak ada seorang pun yang ingin melihat orang merokok, tapi kenyataannya, kemauan dan larangan tenaga kerja negara pengasuh dari Partai Buruh akan menimbulkan masalah,” ujar Wakil Ketua ACT Brooke van Velden. (BBC/*)

Referensi:

https://www.bbc.com/news/world-asia-63954862

  • Bagikan