Buka Pendaftaran Bacaleg 2024 se-Sulsel, Gerindra Tak Terima Caleg Bermasalah Hukum

  • Bagikan

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Partai Gerindra se-Sulsel resmi membuka pendaftaran untuk kader atau masyarakat umum yang ingin menjadi calon anggota legislatif (caleg) untuk DPRD tingkat Kabupaten/kota, Provinsi dan DPR RI mulai tanggal 16-31 Desember 2022 mendatang.

"Kami mengajak seluruh putra putri terbaik bergabung dengan Partai Gerindra, untuk ikut maju sebagai calon legislatif. Baik di tingkat kabupaten/kota, Provinsi dan pusat," kata Sekretaris DPD Gerindra Sulsel, Darmawangsah Muin, Jumat (16/12/2022).

Salah satu syarat yang harus dipenuhi pendaftar adalah siap mendukung Ketua Umum Gerindra, Prabowo Subianto jadi capres di Pemilu 2024.

Syarat yang penting adalah warga negara Indonesia, setia terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan mau berjuang penuh untuk memenangkan partai Gerindra di tahun 2024.

"Jadi kami partai Gerindra selain kader kami internal, bisa kami juga buka peluang ekternal sevisi dengan kami memensukseskan partai Gerindra dan memenangkan pak Prabowo Subianto sebagai Presiden 2024," jelas politisi asal Kabupaten Gowa itu.

Lanjut wakil ketua DPRD Sulsel itu. Bagi berminat sedapat mungkin pendaftar bacaleg di partai Gerindra itu mendatangi langsung DPC yang bersangkutan di tingkat Kabupaten dan mendatangi langsung DPD untuk Provinsi.

"Adapun tingkat DPR RI cukup mendaftar di DPD saja nanti kami yang akan mengurus ke tingkat DPD Sulsel, kemudian disiapkan berkas untuk ke pusat," ungkapnya.

Ini gratis tidak berbayar dan syarat mutlak maju sebagai caleg adalah memenangkan Prabowo Subianto. Dikatakan, sebagai partai terbuka memberikan ruang kepada para putra putri terbaik untuk ikut membesarkan partai Gerindra.

"Kita menerima sebanyak banyaknya. Bappilu yang memferifikasi terkait dengan komposisi caleg yang akan diakomodir," tuturnya.

Lebih lanjut dia menegaskan, pihaknga tidak asal menetapkan caleg nanti, tetapi akan memberikan kepada Bappilu untuk membentuk sebuah badan bahwa caleg yang ditetapkan adalah orang orang sudah pantas menjadi perwakilan di seluruh dapil.

"Dengan begitu, untuk memastikan suara Gerindra itu besar dan bisa terpenuhi sesuai target Politik kita kedepan," terangnya.

Sedangkan, Ketua Bappilu DPD Gerindra Sulsel, Harmansyah mengatakan, pihaknya akan ikuti seluruh regulasi daripada persyaratan PKPU. Maka dari itu, ia meminta kader berminat sebagai caleg memenuhi persyaratan umum yang ada.

"Kami dari partai Gerindra tidak ingin keluar dari pada P-KPU, jadi kita taat patuh dan tunduk terhadap PKPU itu. Ini untuk menghindari pencalegan kedepan, jangan sampai kita menetapkan di luar PKPU kemudian digugurkan itu kita hindari sekali," katanya.

Namun sebelumnya pihaknya di DPD untuk lebih dulu melakukan list bakal calon legislatif, apalagi secara resmi sudah antusias masyarakat bergabung dengan Gerindra. Bahkan pihaknya menyeleksi caleg bermasalah hukum.

"Kita akan menghindari caleg-caleg yang terindikasi utamanya sudah  terdakwa. Kita hindari yang pernah. Kita akan Istiqomah caleg yang kita usung," pungkasnya. (Yadi/B)

  • Bagikan