HMJ Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota UIN Alauddin Makassar Sukses Gelar Seminar Nasional

  • Bagikan
Himpunan Mahasiswa Jurusan Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota UIN Alauddin Makassar saat menggelar kegiatan Seminar Nasional.

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Himpunan Mahasiswa Jurusan Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota UIN Alauddin Makassar menggelar kegiatan Seminar Nasional dengan tema "Indonesia Emas 2045, Harapan dan Tantangan Bangsa". Kegiatan ini berlangsung di Auditorium Kampus II UIN Alauddin Makassar, Kamis (15/12/2022).

Narasumber kegiatan tersebut adalah Gubernur Sulawesi Selatan, H. Andi Sudirman Sulaiman, S.T. , Walikota Makassar 2004-2014, Dr. Ir. H. Ilham Arief Sirajuddin, M.M. , dan Ketua IAP Sulawesi Selatan, Arief Isnaeni, D.T., MSP., IAP.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Rektor UIN Alauddin Makassar, Prof. Drs. Hamdan Juhannis, M.A, PhD. Serta dihadiri oleh Dekan Fakultas Sains dan Teknologi serta jajarannya dan Mahasiswa Jurusan Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota.

"Di mana dalam pembangunan ini masih diwarnai dengan persoalan yang ada seperti anggaran keuangan, persoalan mitigasi, peningkatan ekonomi, aliansi lahan pertanian yang harus segera diminimalisir, kemudian persoalan kemiskinan yang masih mewarnai persoalan keuangan di masa yang akan datang," kata H. Andi Sudirman Sulaiman, S.T.

Sementara itu, Dr. Ir. H. Ilham Arief Sirajuddin, M.M. menjelaskan bahwa melihat dalam persoalan-persoalan ini salah satu jawabannya yaitu dengan melihat bagaimana pemimpinnya dalam hal ini kepala daerah, bagaimana menerjemahkan persoalan keuangan kepada masyarakat melalui visi dan misi pembangunan.

"Bagaimana posisi anda kedepannya, apa yang harus disiapkan oleh calon-calon perencana masa depan. Kapasitas seorang perencana ada 2 harus mementingkan etika dan profesionalitas, kemudian apa yang harus dicapai oleh seorang perencana adalah mereka harus mengisi dirinya dengan wawasan yang luas, teknologi, pemahaman sejarah, kreativitas, dan produktivitas," kata pemateri ketiga, Arief Isnaeni, S.T., MSP., IAP. (*)

Citizen Reporter: Rahma Nur Auliya (Mahasiswa Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Alauddin Makassar)

  • Bagikan