Klinik Primaya IVF Komitmen Tingkatkan Pelayanan Program Bayi Tabung di Kota Makassar

  • Bagikan

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Primaya Hospital Group melakukan renovasi terhadap Klinik Primaya IVF yang terletak di Lantai 9 Rumah Sakit Primaya Kota Makassar.

Hal tersebut dilakukan untuk meningkatkan fasilitas, teknologi dan pelayanan terbaru dibidang pelayanan penanggulangan infertilitas.

Diketahui, Klinik Primaya IVF merupakan klinik pelayanan bagi pasangan suami istri yang ingin memiliki anak melalui program bayi tabung. Klinik Primaya IVF ini telah berdiri sejak 2017.

Direktur Utama PT Anugerah Bangsa Indonesia, anak perusahaan Primaya Hospital Group yang khusus menangani Primaya IVF, Ade Gustian Yuwono mengatakan selama 5 tahun beroperasi klinik Primaya IVF Makassar ini telah melayani lebih dari 4 ribu pasien.

"Dimana lebih dari 1.500 di antaranya telah terkonversi menjadi Cycles IVF. Kami berencana meningkatkan fasilitas Klinik sehingga dapat melayani lebih banyak masyarakat yang membutuhkan layanan bayi tabung atau IVF” ungkapnya pada Konfrensi Pers Layanan Primaya IVF Makassar, di Cafe Social Barn Makassar, Sabtu (17/12).

Lanjut, Ade menyebut potensi pengembangan layanan bayi tabung atau IVF di Kota Makassar maupun di Provinsi Sulawesi Selatan sangat besar.

Pasalnya, setiap tahun terdapat kurang lebih 72.000 pernikahan di Provinsi Sulawesi Selatan, dimana prevalensi ketidaksuburan sebesar 11 persen.

“Artinya setiap tahun terdapat penambahan kasus pasangan infertil atau kurang subur sebanyak 7.920 pasangan,” tambah Ade.

Ade menjelaskan saat ini layanan IVF di RS Primaya Makassar hanya mampu melayani 350 pasangan setiap tahun, karena itu Primaya memutuskan untuk menambah fasilitas klinik serta teknologi IVF terbaru agar mampu melayani 1.000 pasangan setiap tahun dengan tingkat keberhasilan
meningkat di atas 50 persen.

Primaya IVF Makassar telah menggandeng ahli fertilitas terkemuka di Kota Makassar dan sekitarnya, di antaranya Prof.dr. John Rambulangi, SpOG, (K)-Fer, Dr.dr. Sam Richard Rambulangi, SpOG, (K)-Fer dan dr Nathalia Mappewali, SpOG.

Tak hanya itu, dibantu tim dokter Andologi yaitu dr. Rahmawati, Sp.And dan dokter urologi dr. Khoirul Kholis Sp.U, untuk memastikan layanan PRIMA bagi semua
pasien yang membutuhkan layanan IVF atau Bayi Tabung.

Klinik Primaya IVF Makassar dilengkapi teknologi yang dikembangkan termasuk ICSI/IMSI, Timelapse incubator, PGTA maupun terapi adjuvant terbaru seperti PRP.

Primaya Hospital Group saat ini berusia 16 tahun, telah berkembang sangat pesat dengan berbagai inovasi pelayanan kesehatan yang holistik guna memberikan layanan lebih baik kepada para pasien setia Primaya, termasuk kepada Masyarakat Kota Makassar ataupun Sulawesi Selatan pada umumnya, melalui Rumah Sakit Primaya Makassar.

Adapun, Inovasi pelayanan kesehatan terbaru dari Primaya Hospital Group antara lain meliputi Kavacare yang merupakan sebuah layanan Home Care Service bagi para pasien yang terbatas mobilitasnya.

Lanjut, Sismedika yakni layanan pengembangan Hospital Information System (HIS), serta terus berinovasi mengembangkan berbagai layanan unggulan Center of Excellence (CoE) antara lain Pain Management, Cardiology, Oncology, Neurology, dan tentunya Obstetric - Gynecology serta Pediatrics.

Primaya Hospital Group saat ini telah memiliki 15 Rumah Sakit Primaya di seluruh Indonesia, dan ke depannya Primaya berkomitmen untuk mengembangkan jaringan Klinik IVF di beberapa Rumah Sakit Primaya untuk meningkatkan akses masyarakat Indonesia terhadap layanan IVF. (Shasa/A)

  • Bagikan