Awasi Pergerakan Pesawat dan Penumpang, Bandara Sultan Hasanuddin Buka Posko Nataru 2022/2023

  • Bagikan

MAROS, RAKYATSULSEL – PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Sultan Hasanuddin membuka Posko Terpadu Angkutan Udara Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru 2022/2023) selama 16 hari, mulai 19 Desember 2022 – 3 Januari 2023.

Posko yang berlokasi di area keberangkatan ini, dibentuk dengan tujuan untuk mengawasi pergerakan arus pesawat, penumpang dan kargo.

Posko dibuka secara resmi oleh General Manager Bandara Internasional Sultan Hasanuddin. Apel Posko Terpadu Angkuran Udara Nataru 2022/2023 dihadiri oleh sejumlah stakeholder bandara diantaranya Perwakilan Otoritas Bandara Wilayah V Makassar, Perwakilan dari TNI, Perwakilan dari Kepolisian, Perwakilan Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas 1 Makassar, Perwakilan dari Airnav, dan station manager maskapai.

“Posko ini didirikan untuk memastikan operasional bandara berjalan dengan baik, memberikan pelayanan informasi, keamanan, dan kesehatan bagi pengguna jasa bandara. Protokol kesehatan tetap diterapkan,” ujar Wahyudi selaku General Manager Bandara Internasional Sultan Hasanuddin.

Guna meningkatkan pelayanan, berbagai persiapan dan koordinasi telah dilakukan seperti memastikan sarana dan prasarana di Bandara berfungsi dengan baik dan menyiapkan rencana untuk mengantisipasi kemungkinan adanya insiden.

Dari segi keamanan, pihak bandara bekerjasama dengan TNI dan Kepolisian untuk turut serta menjaga dan membantu meningkatkan keamanan selama periode Nataru 2022/2023. Pihak bandara juga memanfaatkan teknologi terpadu melalui Airport Operation Control Center (AOCC) sebagai pusat pantauan keamanan melalui CCTV, dan pantauan pergerakan secara keseluruhan di Bandara.

Dari segi pelayanan kesehatan, akan ada petugas dari Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas 1 Makassar yang akan bertugas di bandara.

Apabila terjadi lonjakan jumlah penumpang, kami telah menyiapkan slot time untuk penerbangan tambahan apabila maskapai membutuhkan.

Puncak Arus Mudik Natal diprediksi terjadi pada tanggal 23 Desember 2022 (H-2). Puncak Arus Balik Tahun Baru 2023 diprediksi terjadi pada 3 Januari 2023.

Secara keseluruhan, trafik penumpang pada periode Nataru 2022/2023 ini diprediksi naik sekitar 11% dibandingkan dengan tahun lalu.

Bagi penumpang yang akan bepergian namun belum melakukan vaksin ketiga (booster), penumpang dapat mendapatkan vaksinasi di Area Keberangkatan Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, beroperasi setiap hari pukul 08.00 - 15.00 WITA. (*)

  • Bagikan