Pahlawan Opu Daeng Risaju Bakal Jadi Nama Jalan di Makassar, Gantikan Nama Cendrawasih

  • Bagikan
Gedung Balaikota Makassar

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar akan mengabadikan pahlawan asal Luwu, Opu Daeng Risaju menjadi nama jalan. Rencananya, nama itu menggantikan Cendrawasih.

Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto menyampaikan pengabadian nama pahlawan Opu Daeng Risaju merupakan salah satu bentuk penghormatan terhadap pahlawan yang telah memberikan jasa yang luar biasa.

"Nanti sama pak Ketua DPRD Rudianto Lallo, kita mau usulkan. Surat sudah kita sampaikan ke DPRD," ujar Moh Ramdhan Pomanto, Senin (19/12).

Untuk alamat jalan, kata Danny Pomanto--sapaan akrab Walikota Makassar, Jalan Cendrawasih akan berganti naman menjadi Jalan Opu Daeng Risaju. Alasannya, sejumlah nama pahlawan berada di kawasan tersebut.

"Karena disitu ada jalan Mappanyukki, di situ ada jalan cendrawasih barangkali, cendrawasih kita ganti nama orang biar sejajar sama para pahlawan nasional disitu," tukasnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Kota Makassar, Rudianto Lallo, menyatakan apresiasi terhadap rencana pengabadian nama pahlawan di salah satu jalan di Makassar. Kata dia, seluruh pahlawan mesti dihargai dan salah satu melalui pengabadian namanya pada sebuah jalan.

"Saya kira itu patut di apresiasi lah," singkatnya.

Diketahui, Opu Daeng Risadju ialah pejuang wanita asal Sulsel yang menjadi pahlawan nasional Indonesia. Opu Daeng Risadju memiliki nama kecil Famajjah. Opu Daeng Risadju itu sendiri merupakan gelar kebangsawanan Kerajaan Luwu yang disematkan pada Famajjah yang memang merupakan anggota keluarga bangsawan Luwu. (Abu Hamzah/Raksul/B)

  • Bagikan