Pengamat Politik Unhas: Incumbent dan Social Capital Effect Akan Jadi Penentu Senator Terpilih 2024

  • Bagikan
Andi Ali Armunanto

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Perebutan empat kursi senator daerah pemilihan Sulsel telah dimulai, berdasarkan data calon pendaftaran yang diterima KPU Sulsel ada 30 nama resmi mengajukan diri untuk berkompetesi pada pemilu 2024.

Dari nama yang ada terdapat tiga petahana, diantaranya Andi Ihsan, Tamsil Linrung dan Lily Salarupa, selain nama tersebut ada nama yang cukup populer di Sulsel diantaranya Aliyah Mustika Ilham, Idrus Paturusi, Yagkin Padjalangi, Iqbal Parewangi.

Dengan beradarnya nama-nama ini ke publik tentu menarik dilakukan analisis peluang para calon merebut kursi senator, menurut Dr. Andi Ali Armunanto (Dosen Ilmu Politik Unhas) faktor Petahana dan Sosial Kapital akan menjadi penentu perolehan suara dan keterpilihan Senator.

Masih lanjut menurut Dosen yang pernah menjadi ketua Prodi Ilmu politik Unhas ini, Selain Patahana nama seperti prof Idrus (Mantan rektor Unhas), Andi Hatta Marakarma (mantan bupati Lutim) dan khusus Sri Rahayu Usri nama ini menarik walaupun tidak populer, tapi modal sebagai Ketua Apdesi Sulsel bisa jadi faktor.

Berdasarkan data riset Serum Institute yang di publikasi pertengahan Oktober 2022, dua nama yang menjadi unggulan untuk merebut kursi senator pada pemilu 2024 yaitu Tamsil Linrung dan Andi Ihsan dengan tingkat keterpilihan diatas 20% jika pemilihan dilaksanaan saat ini.

Menarik terus menantikan proses pemilu 2024 khususnya pemilihan senator yang menjadi harapan banyak masyakat Indonesia untuk memperjuangkan daerah melalui jalur non parpol. (*)

  • Bagikan