16 Ranperda di DPRD Makassar Menyeberang ke 2023, Bapemperda Harap Pansus Serius Selesaikan Perda

  • Bagikan
Gedung DPRD Makassar

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Lagi-lagi anggota DPRD Makassar melalui Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) menyisakan Pekerjaan Rumah (PR) untuk tahun 2023.

Bagaimana tidak? Target 22 Rancangan peraturan daerah (Ranperda) tahun 2022. Kini 50 anggota DPRD Makassar hanya menyelesaikan 6 Perda,  sedangkan 16 Ranperda akan nyebrang ke tahun 2023.

Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD kota Makassar, Syamsuddin Raga meyakini di akhir tahun 2022 bisa menyelesaikan 9 program pembentukan Perda (Propemperda). Karena saat ini baru enam diselesaikan.

Menurutnya, kinerja Bapemperda sudah cukul maksimal. Apalagi dari target 22 perda di tahun 2022, sebagian sudah terlaksana. Meskipun tidak tuntas semua Ranperda yang telah dicanangkan.

"Kalau kita di Bapemperda itu cukuplah maksimal, kita punya kerja," katanya, saat ditemui di DPRD Makassar, Selasa (20/12/2022).

Lebih lanjut politisi Partai Perindo itu, ia berdalih bahwa salah satu kendala dihadapi pansus yakni prpses ranperda itu sendiri.

Dimana setelah membahas bersama oleh pansus. Maka langkah-langka serta alurnya itu mulai konsultasi di Provinsi hingga pusat semakin rumit.

"Kita akui, berjalan itu Ranperda mulai dari pandangan umum sampai di tingkat, pembentukan Pansus dan konsultasi itu. Disitu ada terkendala sedikit. Entah bagaimana persoalannya karena kami (Bapemperda) tidak masuk di situ. Ini barangkan sudah lepas," tuturnya.

  • Bagikan