Polisi Usut Tarik Tambang Maut IKA Unhas Sulsel

  • Bagikan
Danny Pomanto Melayat di Rumah Korban Tarik Tambang

Masyita mengalami pendarahan pada bagian kepalanya hingga di larikan ke Rumah Sakit (RS) Labuang Baji namun nyawanya tak tertolong. Selain Masyita, ada juga belasan peserta lain yang jadi korban dan harus dilarikan ke rumah sakit Pelamonia Makassar untuk mendapatkan pertolongan akibat luka serius yang dialaminya.

"Korban luka yang masuk di RS Pelamonia ada belasan, ini terpencar ada juga di Labuan Baji, Bhayangkara ada di Siloam juga. Sementara di Pelamonia kita dapat ada 11, tapi sudah ada dipulangkan 8 orang," terangnya.

Salah satu peserta yang ikut menjadi korban bernama Fahmi menceritakan awal dimulainya kegiatan tarik tambang yang berakhir tragis itu. Fahmi bercerita sempat berdiri lama menunggu aba-aba dari panitia untuk menarik tali yang posisinya sudah terbentang.

"Kami menunggu lama, menunggu aba-aba untuk melangsungkan kegiatan (menarik tali tambang)," tutur Fahmi.

Lalu sekitar pukul 08.00 Wita, dimana saat itu langit sudah mulai mendung, Fahmi hendak mencari posisi berteduh, namun belum keluar dari barisan, tali yang sudah terbentang itupun tiba-tiba tertarik keras hingga putus. Peserta yang memegang tali langsung terpental, salah satunya Masyita.

"Jadi antara menunggu aba-aba atau mau berteduh karena sudah mau hujan. Nah disitulah terjadi kejadian, tiba-tiba tali yang membentang itu tertarik keras sampai-sampai terputus itu tali, dan mengena ibu RT saya itu, ibu Masyita. Ibu Masyita terpental kebelakang dan kepalanya terbentur di pembatas jalan yang beton itu," jelas Fahmi.

Sementara Fahmi yang juga jadi korban mengaku sempat terseret oleh tali tambang, namun beruntung masih bisa mengendalikan diri. Dia hanya mengalami luka robek pada bagian kakinya.

"Saya sendiri juga sempat mengalami, kaki saya ini terseret tali tambang itu, tapi saya masih bisa mengendalikan diri sehingga cuman kaki saya yang mengalami luka. Dalam lukanya," ujar Fahmi.

Sekedar diketahui, kegiatan tarik tambang ini adalah salah satu rangkaian kegiatan sebelum Pelantikan Pengurus Wilayah IKA Unhas Sulsel digelar di Hotel Four Points besok malam, Senin (19/12/2022)

  • Bagikan