Populasi India: Apakah Menjadi Negara Terpadat Merupakan Anugerah Atau Kutukan?

  • Bagikan
PBB meramalkan bahwa populasi India akan melampaui Cina pada pertengahan April

INDIA, RAKYATSULSEL - Raksasa Asia masing-masing sudah memiliki lebih dari 1,4 miliar orang, dan selama lebih dari 70 tahun telah menyumbang lebih dari sepertiga populasi global.

Populasi China kemungkinan akan mulai menyusut tahun depan. Tahun lalu, 10,6 juta orang lahir, sedikit lebih banyak dari jumlah kematian, berkat penurunan tingkat kesuburan yang cepat. Tingkat kesuburan India juga telah turun secara substansial dalam beberapa dekade terakhir - dari 5,7 kelahiran per wanita pada tahun 1950 menjadi dua kelahiran per wanita saat ini - tetapi tingkat penurunannya lebih lambat.

Jadi apa artinya India menyalip Cina sebagai negara terpadat di dunia?

Cina mengurangi populasinya lebih cepat daripada India
Cina mengurangi tingkat pertumbuhan penduduknya sekitar setengah dari 2% pada tahun 1973 menjadi 1,1% pada tahun 1983.

Demografi mengatakan banyak dari ini dicapai dengan mengabaikan hak asasi manusia - dua kampanye terpisah yang mempromosikan hanya satu anak dan kemudian pernikahan berikutnya, kesenjangan yang lebih panjang antara anak-anak dan lebih sedikit dari mereka - di negara yang sebagian besar pedesaan dan sangat tidak berpendidikan dan miskin,
India melihat pertumbuhan populasi yang cepat - hampir 2% per tahun - untuk sebagian besar paruh kedua abad terakhir. Seiring waktu, angka kematian turun, harapan hidup meningkat dan pendapatan naik. Lebih banyak orang - terutama yang tinggal di kota - mengakses air minum bersih dan saluran air limbah modern. "Namun angka kelahiran tetap tinggi," kata Tim Dyson, ahli demografi di London School of Economics.

India meluncurkan program keluarga berencana pada tahun 1952 dan menetapkan kebijakan kependudukan nasional untuk pertama kalinya pada tahun 1976, sekitar waktu China sedang sibuk mengurangi angka kelahirannya.

Tetapi sterilisasi paksa jutaan orang miskin dalam program keluarga berencana yang terlalu bersemangat selama Darurat 1975 - ketika kebebasan sipil ditangguhkan - menyebabkan reaksi sosial terhadap keluarga berencana. "Penurunan kesuburan akan lebih cepat bagi India jika Darurat tidak terjadi dan jika politisi lebih proaktif. Itu juga berarti bahwa semua pemerintah selanjutnya berhati-hati dalam hal keluarga berencana," kata Prof Dyson.

Negara-negara Asia Timur seperti Korea, Malaysia, Taiwan, dan Thailand, yang meluncurkan program kependudukan lebih lambat dari India, mencapai tingkat kesuburan yang lebih rendah, menurunkan angka kematian bayi dan ibu, meningkatkan pendapatan dan meningkatkan pembangunan manusia lebih awal dari India.

Namun India tidak mengalami ledakan populasi
India telah menambahkan lebih dari satu miliar orang sejak Kemerdekaan pada tahun 1947, dan populasinya diperkirakan akan bertambah selama 40 tahun lagi. Tetapi tingkat pertumbuhan populasinya telah menurun selama beberapa dekade sekarang, dan negara tersebut telah menentang prediksi yang mengerikan tentang "bencana demografis".

Jadi, India yang memiliki lebih banyak penduduk daripada China tidak lagi signifikan dalam hal yang "memprihatinkan", kata para ahli demografi.\Pendapatan yang meningkat dan akses yang lebih baik ke kesehatan dan pendidikan telah membantu wanita India memiliki lebih sedikit anak daripada sebelumnya, yang secara efektif meratakan kurva pertumbuhan. Tingkat kesuburan telah turun di bawah tingkat penggantian - dua kelahiran per wanita - di 17 dari 22 negara bagian dan wilayah yang dikelola pemerintah federal. (Tingkat penggantian adalah tingkat di mana kelahiran baru cukup untuk mempertahankan populasi yang stabil.)

Penurunan tingkat kelahiran lebih cepat di India selatan daripada di utara yang lebih padat penduduknya. "Sayang sekali bahwa lebih banyak India tidak bisa seperti India selatan," kata Prof Dyson. "Semua hal dianggap sama, pertumbuhan populasi yang cepat di beberapa bagian India utara telah menekan standar hidup".

Namun, menyalip China bisa menjadi signifikan
Itu bisa misalnya, memperkuat klaim India untuk mendapatkan kursi tetap di Dewan Keamanan PBB yang memiliki lima anggota tetap termasuk China.

India adalah anggota pendiri PBB dan selalu menegaskan bahwa klaimnya atas kursi permanen adalah adil. "Saya pikir Anda memiliki klaim tertentu atas berbagai hal [dengan menjadi negara dengan populasi terbesar]," kata John Wilmoth, direktur Divisi Populasi Departemen Urusan Ekonomi dan Sosial PBB.

Cara demografi India berubah juga signifikan, menurut KS James dari Institut Internasional untuk Ilmu Kependudukan yang berbasis di Mumbai.
Terlepas dari kekurangannya, India layak mendapat pujian karena mengelola "transisi demografis yang sehat" dengan menggunakan keluarga berencana dalam demokrasi yang miskin dan sebagian besar tidak berpendidikan, kata Mr James. "Sebagian besar negara melakukan ini setelah mereka mencapai tingkat melek huruf dan standar hidup yang lebih tinggi."

Lebih banyak kabar baik. Satu dari lima orang di bawah 25 tahun di dunia berasal dari India dan 47% orang India berusia di bawah 25 tahun. Dua pertiga orang India lahir setelah India meliberalisasi ekonominya pada awal 1990-an. Kelompok anak muda India ini memiliki beberapa karakteristik unik, kata Shruti Rajagopalan, seorang ekonom, dalam sebuah makalah baru. "Generasi muda India ini akan menjadi sumber konsumen dan tenaga kerja terbesar dalam pengetahuan dan ekonomi barang jaringan. Orang India akan menjadi kumpulan talenta global terbesar," katanya.

Tapi ada juga tantangannya
India perlu menciptakan lapangan kerja yang cukup bagi populasi usia kerja mudanya untuk menuai keuntungan demografis. Tetapi hanya 40% populasi usia kerja India yang bekerja atau ingin bekerja, menurut Pusat Pemantauan Ekonomi India (CMIE).

Lebih banyak perempuan akan membutuhkan pekerjaan karena mereka menghabiskan lebih sedikit waktu di usia kerja untuk melahirkan dan merawat anak. Gambaran di sini lebih suram: hanya 10% wanita usia kerja yang berpartisipasi dalam angkatan kerja pada bulan Oktober, menurut CMIE, dibandingkan dengan 69% di China.

Lalu ada migrasi. Sekitar 200 juta orang India telah bermigrasi di dalam negeri - antara negara bagian dan distrik - dan jumlah mereka pasti akan bertambah. Sebagian besar adalah pekerja yang meninggalkan desa ke kota untuk mencari pekerjaan. "Kota-kota kita akan tumbuh seiring dengan meningkatnya migrasi karena kurangnya pekerjaan dan upah rendah di desa. Bisakah mereka memberikan standar hidup yang layak bagi para migran? Jika tidak, kita akan berakhir dengan lebih banyak daerah kumuh dan penyakit," kata S Irudaya Rajan, pakar migrasi di Pusat Studi Pembangunan Kerala.

Ahli demografi mengatakan India juga perlu menghentikan pernikahan anak, mencegah pernikahan dini dan mencatat kelahiran dan kematian dengan benar. Rasio jenis kelamin yang miring saat lahir - yang berarti lebih banyak anak laki-laki yang lahir daripada anak perempuan - tetap menjadi kekhawatiran. Retorika politik tentang "kontrol populasi" tampaknya ditargetkan pada Muslim, minoritas terbesar di negara itu ketika, pada kenyataannya, "kesenjangan dalam melahirkan anak antara kelompok agama India umumnya jauh lebih kecil daripada sebelumnya", menurut sebuah studi dari Pew Research Center .

Dan kemudian ada penuaan India
Para ahli demografi mengatakan penuaan di India hanya mendapat sedikit perhatian.

Pada tahun 1947, usia rata-rata India adalah 21 tahun. Sedikitnya 5% orang berusia di atas 60 tahun. Saat ini, usia rata-rata adalah di atas 28 tahun, dan lebih dari 10% orang India berusia di atas 60 tahun. Negara bagian selatan seperti Kerala dan Tamil Nadu mencapai tingkat penggantian setidaknya 20 tahun yang lalu.

"Ketika populasi usia kerja menurun, mendukung populasi yang lebih tua akan menjadi beban yang semakin besar pada sumber daya pemerintah," kata Rukmini S, penulis Whole Numbers and Half Truths: What Data Can and Cannot Tell Us About Modern India.

"Struktur keluarga harus ditata ulang dan orang lanjut usia yang tinggal sendiri akan menjadi sumber perhatian yang semakin meningkat," katanya.(bbc/*)

Referensi:

https://www.bbc.com/news/world-asia-india-63957562

  • Bagikan