Rangkaian Lovely Desember 2022, Ratusan Anak-Anak Ikut Lomba Tangkap Ikan dan Bebek di Tator

  • Bagikan
Kegiatan lomba mebale, melendong (tangkap ikan dan belut) serta tangkap bebek yang digelar pemerintah Kabupaten Tana Toraja dalam rangkaian even Lovely Desember 2022, di kolam kawasan RS Sinar Kasih Makale, Selasa, 20 Desember 2022.

TATOR, RAKYATSULSEL - Ratusan anak-anak ramaikan kegiatan lomba mebale, melendong (tangkap ikan dan belut) serta tangkap bebek khusus bagi anak-anak yang digelar pemerintah Kabupaten Tana Toraja (Tator), melalui Dinas Pariwisata dalam rangkaian even Lovely Desember (LD) tahun 2022, di kolam kawasan Rumah Sakit (RS) Sinar Kasih Makale kecamatan Makale, Tator, Selasa 20 Desember 2022.

Menurut wakil bupati Tator, dr. Zadrak Tombeg saat membuka kegiatan tersebut mengatakan bahwa kegiatan lomba tangkap ikan, belut dan bebek tersebut merupakan rangkaian kegiatan LD. Dimana lomba tersebut merupakan bagian dari kearifan lokal yakni membale dan melendong yang merupakan tradisi masyarakat Toraja secara turun temurun, yang diperkenalkan kepada anak-anak sebagai generasi penerus.

Dirinya berharap kegiatan LD yang diisi dengan sejumlah rangkaian acara seperti lomba tangkap ikan, belut dan bebek ini bisa kembali memulihkan pariwisata Toraja yang sempat vakum karena adanya pandemi covid-19, serta mendukung pemulihan perekenomian masyarakat Tator.

Ditambahkan bahwa even tangkap ikan ini sengaja dilaksanakan di kolam RS Sinar Kasih Tator, karena pesertanya adalah anak-anak sehingga jika terjadi hal-hal yang tidak diingatkan dapat lebih cepat ditangani.

Senada dengan itu kepala dinas pariwisata, Adelheid Sosang kepada RAKYATSULSEL mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian LD, namun lomba ini khusus bagi anak-anak, dengan hadiah utama adalah satu unit sepeda, dan sejumlah hadiah hiburan lainnya. 

Dirinya berharap agar akan kegiatan ini berlanjut untuk di nikmati anak-anak apalagi untuk mengisi hari libur Natal dan tahun baru, agar mereka merasakan suka cita di bulan Desember.

"Harapan kami agar kegiatan ini berlanjut untuk di nikmati anak-anak terutama dalam mengisi masa libur, dan agar mereka bisa merasakan suka cita di bulan Desember ini " pungkas Aldelheid. (Cherly)

  • Bagikan