Baznas Parepare Sigap Bantu Warga yang Rumahnya Diterjang Banjir Rob

  • Bagikan

PAREPARE, RAKSUL- Prakiraan cuaca dan peringatan dini dari BMKG akan terjadinya banjir ROB yakni banjir yang terjadi di laut karena air laut pasang yang disertai angin kencang menimpa salah satu titik lokasi yang mengalami terjangan ombak disertai angin kencang yang mengakibatkan tanggul yang ada di pesisir kelurahan Lumpue mengalami kerusakan parah. Bahkan, ombak dengan arus besar juga menerjang beberapa rumah warga di RW 7 kelurahan Lumpue. Sejumlah atap seng rumah warga diterbangkan angin kencang sehingga menimbulkan kekhawatiran masyarakat disekitar Pesisir Lumpue, Kecamatan Bacukiki Barat Kota Parepare.

Mendapatkan laporan dari warga melalui pesan WhatsApp (WA), Sabtu 24 Desember 2022, Ketua Baznas Kota Parepare, Saiful Amirr didampingi Wakil Ketua 1, H Zainal Arifin langsung turun ke lokasi kejadian turut membantu dan mendengarkan keluhan warga yang tertimpa musibah Banjir ROB.

"Saya menerima pesan WA dan video jebolnya tanggul di sekitar Lumpue dan rumah warga yang atap rumahnya rusak karena hempasan angin badai dan rumah warga yang tertimpa pohon tumbang, maka kami dari Baznas Kota Parepare langsung turun merespon dan memberikan bantuan makanan siap saji serta melakukan assesment apa yang menjadi kebutuhan mendesaknya dan Insya Allah Baznas akan siap membantu tentu dengan dukungan masyarakat melalui zakat, infak dan sedekah," ungkap Saiful.

Wakil ketua Baznas Kota Parepare H Zainal Arifin, selaku tokoh masyarakat Imam Masjid Rahmatan membenarkan kejadian tersebut. "Iya telah terjadi musibah berupa tanggul penahan ombak jebol mengakibatkan ombak yang deras menghantam beberapa rumah warga, dan juga atap rumahnya terbang karena angin kencang dan kami dari Baznas membantu warga terdampak," ujar Ketua FKUB itu.

Di Kelurahan yang sama di RW 4, Baznas bersama Tim BPBD Kota Parepare turut membantu membersihkan pohon tumbang yang menimpa rumah milik Sumarni yang hancur dibagian dapurnya.

Lurah Lumpue Siswandi Dwi Saputra,S.STP Lumpue menyampaikan terima kasih kepada Baznas atas kesigapan dan kehadirannya membantu warganya yang tertimpa musibah. "Kepada Tim BPBD dan Baznas kota Parepare kami mewakili warga mengucapkan terima kasih dan sangat mengapresiasi keberadaan Baznas sangat membantu masyarakat yang membutuhkan seperti sekarang ini," terang Lurah Lumpue.

Salah seorang tokoh masyarakat yang turut hadir membantu warga yakni, Ketua Pembangunan Masjid Rahmatan Lumpue H.Baharuddin Hasyim juga menyatakan apresiasi atas hadirnya Baznas yang sigap membantu meringankan beban masyarakat khususnya yang tertimpa musibah. "Saya menjadi saksi bahwa tidak perlu ragu berzakat di Baznas Kota Parepare," lugas dia. (*)

  • Bagikan