Peringati Hari Ibu, PKK Parepare-RSUD Andi Makkasau Gelar Baksos Operasi Bibir Sumbing Gratis

  • Bagikan

-Erna Rasyid Taufan Harap Para Ibu Bahagia di Peringatan Hari Ibu

PAREPARE, RAKSUL- Pengurus Tim Penggerak (TP) PKK Kota Parepare menggelar bakti sosial (baksos), berupa layanan operasi bibir sumbing gratis dalam rangka memperingati Hari Ibu tahun 2022. Kegiatan ini berkolaborasi denganRumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Andi Makkasau, RSGM, Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) Parepare, dan Celebes Center.

Kegiatan yang digelar, Sabtu, (24/12/2022) ini dipusatkan di RSUD Andi Makkasau Parepare.

Ketua Pokja IV TP PKK Kota Parepare yang juga Direktur RSUD Andi Makkasau, dr Renny Anggraeni Sari mengatakan, program baksos diperuntukkan bagi penyandang bibir sumbing dari keluarga kurang mampu. Pasalnya, bibir sumbing kata dia, dapat menghambat tumbuh dan kembang anak sebagai penyebab stunting.

"Ada 15 pasien kelainan celah bibir dan lelangit yang terdaftar, namun hanya 13 yang lolos screening dan dilakukan tindakan operasi rekonstruksi secara gratis," ujar dr Renny, sapaan karib dia.

Para pasien itu sebut dia berasal dari Parepare, Sidrap, Pinrang, dan Kabupaten Wajo.

Sementara, Ketua TP PKK Kota Parepare, Hj Erna Rasyid Taufan berharap, pelaksanaan baksos operasi bibir sumbing secara gratis ini dapat menurunkan angka penyandang bibir sumbing yang cenderung meningkat setiap tahun di Indonesia.

"Dan kita juga berharap operasi bibir sumbing dapat memberikan kebahagiaan kepada para Ibu dalam peringatan Hari Ibu tahun inu karena melihat anaknya dapat tumbuh normal," harap Erna Rasyid Taufan yang juga Ketua DPD II Partai Golkar Parepare dan Ketua Ikatan Istri Partai Golkar (IIPG) Sulsel ini.

Ia juga menambahkan, penanganan bibir sumbing hasilnya dapat dirasakan langsung oleh pasien setelah operasi selesai dilakukan. “Kami senang karena dengan operasi bibir sumbing ini, pasien bisa langsung beraktivitas setelah operasi selesai dilakukan nantinya," ujar istri Taufan Pawe, Wali Kota Parepare.

Erna, sapaan karib dia juga menyampaikan apresiasi atas kerja kolaborasi bersama RSUD Andi Makkasau, RSGM, dan sejumlah organisasi-organisasi kedokteran di Parepare.

"Sesungguhnya sesuatu hal yang dikerjakan bersama akan lebih mudah. Hal ini juga berlaku untuk membantu orang yang tengah kesulitan. Salah satunya melalui baksos operasi bibir sumbing gratis. Terima kasih kepada Tim Dokter, Perawat, serta jajaran RSUD Andi Makkasau, RSGM, IDI, PDGI, dan Celebes Center yang berperan menyukseskan operasi bibir sumbing ini," ucapnya.

“Kami berharap operasi bibir sumbing yanh kita lakukan ini dapat berjalan lancar agar pasien dapat kembali tersenyum dan dapat pula meningkatkan kepercayaan diri mereka dalam bersosialisasi di tengah-tengah masyarakat," paparnya. (*)

  • Bagikan