Pesona Caleg Perempuan Dinilai Masih Potensial

  • Bagikan
Ilustrasi. Bacaleg Perempuan Diprediksi Meningkat

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Eksistensi perempuan di dunia perpolitikan nampaknya tidak boleh lagi di pandang sebelah mata. Apalagi kaum hawa kni mulai mendominasi posisi politik yang cukup strategis.

Khusus di Sulawesi Selatan, progres perpolitikan dari kaum hawa terbilang positif. Bahkan beberapa posisi kepala daerah ditempati oleh perempuan. Itu menandakan bahwa kaum hawa mendapat perhatian besar dari para pemilih.

Berdasarkan informasi dihimpun dari beberapa parpol. Kader akan maju di Pileg 2024 yakni. NasDem Tenri Olle YL, Fatmawati Rusdi, Indira Chunda Thita, Putri Dakka, Indira Yusuf Ismail, Hj Hamsiah Iksan, Hasnah Syam.

Dari Golkar posisi eksekutif berpotensi maju Pileg Indah Putri Suhartina Buhari, Andi Kartini Ottong, Andi Ina Kartika Sari, Debbie Purnama Rusdin, Erna Taufan. Dari PKS misalnya, Sry Rahmi, PDIP Risfayanti Muin, PPP Misriani Ilyas dan lainya.

Menanggapi itu Pengamat Politik dari Universitas Bosowa, Arief Wicaksono menilai peran besar perempuan di dunia perpolitikan tidak lepas dari regulasi keterwakilan 30 persen perempuan partai politik untuk mengikuti Pemilu.

"Itu sesuai Penegasan UU Nomor 10 Tahun 2008 tentang Pemilu Anggota DPR, DPD dan DPRD," ujar Arief Wicaksono, Senin (26/12).

  • Bagikan