DP4 Tak Jelas, Finalisasi TPS di Sulsel Terganggu

  • Bagikan
Ilustrasi.

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Data Penduduk Potensial Pemilih Pemilu atau DP4 hingga kini belum jelas. Itu, membuat finalisasi baik peta dan jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) terganggu.

Anggota KPU RI, Uslimin mengatakan, sejauh ini KPU RI masih melakukan penyandingan terhadap DP4 yang diserahkan Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) dengan Daftar Pemilih Tetap (DPT) terakhir setiap provinsi.

"Sehingga proses tersebut berlangsung dalam kurun di waktu dua bulan. Berarti kisaran April 2023 bisa keluar," ujar Uslimin, Kamis (29/12).

Usle--sapaan akrabnya, penyandingan DP4 dilakukan dengan Daftar Pemilih Berkelanjutan (DPB) Pemuktahiran, September 2022 belum turun ke KPU Provinsi.

Jika mengacu terhadap DPB Pemuktahiran, sambung Usle, jumlah pemilih di Sulsel mencapai 6.321.334 jiwa. Jumlah tersebut didesain untuk 27 ribu TPS yang tersebar di 24 daerah di Sulsel.

"Itu harus disandingkan lagi dengan DP4 terakhir dan ini masih proses penyandingan. DP4 terakhir akan berdampak juga tergantung berapa jumlah yang turun.

"Kalau misalnya jumlah turun lebih besar dari DPB Sulsel tentu kita akan petakan lagi. Berapa penambahan (TPS) dan sebagainya," ucapnya.

  • Bagikan