Pangdam XIV/Hasanuddin Resmikan Bedah Rumah Kerjasama Baznas Bone Dan Kodim 1407/Bone

  • Bagikan

BONE, RAKYATSULSEL - Rumah Layak Huni yang diprakarsai oleh Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Bone dan Kodim 1407/Bone lewat program dari TNI Angkatan Darat, yaitu Babinsa Masuk Dapur (BMD), kini sudah dirasakan oleh nenek Terang di Dusun Watang Unra, Desa Unra, Kecamatan Awangpone Kabupaten Bone.

Hal itu dibuktikan dengan diresmikannya rumah layak huni tersebut yang diresmikan langsung oleh Panglima Daerah Militer (Pangdam) XIV/Hasanuddin, Mayjen TNI Dr. Totok Imam Santoso, S.I.P., S. Sos., M. Tr. (Han) saat menyerahkan kunci bedah rumah untuk Nenek Terang, Rabu (28/12/2022).

"TNI khususnya TNI AD harus selalu ada untuk rakyat, sebab rakyat ibu kandung TNI. Kemanunggalan TNI dan rakyat harus selalu terjaga dan dibina dengan baik," ujar Mayjen TNI Dr Totok Imam Santoso.

Program baru Babinsa Masuk Dapur ini merupakan program baru yang dilakukan untuk memastikan agar masyarakat tidak ada yang kelaparan akibat kekurangan bahan makanan. Tidak hanya itu saja, Babinsa juga harus mengetahui jangan sampai ada warga yang tidak makan, begitu juga dengan kondisi rumahnya.

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada para Babinsa sebagai ujung tombak TNI-AD banyak membantu masyarakat salah satunya dengan dicanangkannya Program ini.

"TNI AD harus tahu tentang kesulitan rakyat, TNI AD harus hadir di tengah-tengah kesulitan masyarakat dan senantiasa menjadi solusi," tambahnya.

Hal senada diungkapkan Dandim 1407/Bone, Letkol Inf. Moch. Rizqi Hidayat Djohar. Ia menambahkan bahwa kegiatan ini memang bukan tugas pokok sebagai prajurit. Tetapi TNI Angkatan Darat berasal dari rakyat oleh rakyat dan untuk rakyat. 

"TNI Angkatan Darat harus dicintai oleh rakyat namun lebih bagus lagi kalau TNI Angkatan Darat harus mencintai rakyatnya. Kalau rakyat menderita TNI AD harus merasakan penderitaan itu,” ujar Letkol Inf. Moch. Rizqi Hidayat Djohar.

Lanjutnya, jika rakyat sengsara maka TNI pun sengsara, begitupun sebaliknya. Tidak hanya itu, ia juga menegaskan, apabila prajurit TNI Angkatan Darat yang menjalankan program Babinsa Masuk Dapur Warga menemukan kasus atau persoalan yang dialami oleh masyarakat di masing-masing wilayah, dan membutuhkan bantuan, anggota Babinsa bisa langsung melaporkan kepada pimpinan atas, atau kepada dirinya langsung agar segera diberikan bantuan.

"Terima kasih kepada para Babinsa, yang dengan segala macam keterbatasannya mampu melaksanakan tugas dari Komando Atas dengan baik," ujarnya.

Sementara itu, Wakil Ketua II Baznas Kabupaten Bone, Hj Farida Hanafing menjelaskan bahwa kegiatan bedah rumah ini merupakan salah satu program bedah rumah layak huni Baznas Kabupaten Bone dan juga merupakan program dari TNI Angkatan Darat, yaitu Babinsa Masuk Dapur (BMD), dan ini merupakan wujud nyata kehadiran TNI Angkatan Darat sebagai solusi mengatasi kesulitan masyarakat. 

"Kerjasama antara Baznas Kabupaten Bone dan Kodim 1407/Bone telah mewujudkan impian Nenek Terang untuk memiliki rumah layak huni yang selama ini diidam-idamkan," ujar Farida Hanafing.

 "Kehadiran Pangdam XIV/Hasanuddin sekaligus meresmikan rumah tersebut, merupakan suatu keberkahan, karena bedah rumah Baznas Kabupaten Bone yang bekerjasama dengan Kodim 1407/Bone dijadikan sebagai penyerahan simbolis untuk semua kabupaten yang ada di Sulawesi Selatan yang disaksikan langsung oleh Dandim satuan masing-masing, baik secara virtual maupun non virtual," pungkasnya. (Enal)

  • Bagikan