Selangkah Lagi Rektor Unhas Pimpinan Pelti Sulsel

  • Bagikan

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Selangkah lagi Rektor Universitas Hasanuddin (Unhas) Prof Jamaluddin Jompa menjadi Ketua Persatuan Lawn Tenis Indonesia (Pelti) Provinsi Sulawesi Selatan setelah Amien Syam mengundurkan diri sebagai Pelti Sulsel jelang sehari pelaksanaan Musyawarah Provinsi (Musprov) yang rencana akan berlangsung pada akhir tahun 2023 ini.

Prof Jamaluddin Jompa mengatakan, dirinya sebenarnya tidak pernah bermimpi untuk menjadi ketua Pelti Sulsel. Hanya saja dirinya siap berkontribusi untuk memajukan cabang olahraga ini agar bisa lebih berprestasi. Bahkan ia mengaku siap memajukan olahraga tenis di daerah ini jika diberikan amanah menakhodai organisasi tersebut.

"Izinkan saya berkontribusi di Pelti di Sulsel agar atlet bisa berprestasi dan para pelatih bisa aktif kembali sehingga bisa mendapat prestasi di Pekan Olahraga Nasional," kata dia saat silaturahmi dengan Pengurus Pelti kabupaten/kota di Hotel Unhas & Convention, Selasa malam (28/10/2022). 

Dirinya mengatakan seluruh pihak harus didorong agar bisa berkontribusi dalam cabang olahraga ini. Bahkan kata dia, dia tidak mau ada kubu-kubu dalam mengurus cabang olahraga tersebut. 

"Kita sangat menghormati seluruh mekanisme apapun itu. Saya tidak mau kalau ada kubu a, kubu b dan kubu d. Jadi kita harus tetap ikuti aturan dan kalau perlu kita harus perbaiki hubungan dengan pihak lain," ujarnya 

Dirinya pun berterima kasih kepada pengurus Pelti kabupaten/kota yang hadir pada acara silahturahmi ini dengan mendorong dirinya untuk bisa menjadi ketua nantinya bahkan jauh dari daerah masing-masing. 

"Semuanya saya serahkan kepada pengurus daerah. Intinya kalau saya siap berkontribusi agar olahraga ini bisa kembali berpartisipasi," bebernya.

Pengurus Pelti Pusat Prof Hamsu Abdul Gani mengatakan, pihaknya sudah berkomunikasi dengan pengurus pusat Pelti terkait dengan rencana Prof Jamaluddin Jompa menjadi ketua Pelti Sulsel. 

"Dan Ketua Umum sangat mendukung agar pak Rektor menjadi Ketua Pelti Sulsel. Apalagi secara de facto sudah terlihat dukungan pengurus kabupaten. Kita tinggal tunggu de jure untuk pengesahannya jadi ketua," katanya. 

Bahkan kata dia, sebelumnya Ketua Pelti Sulsel Amin Syam sudah hendak melakukan rapat persiapan Musprov. Hanya saja kata dia, karena kondisi kesehatannya menurun sehingga harus ditunda. 

"Ini malam sebenarnya sudah laksanakan, tinggal bagaimana meresmikannya. Kalau sudah ada surat dari dari pusat terkait karateker saya. InsyaAllah tinggal diresmikan ini pak Rektor untuk jadi Ketua Pelti Sulsel," jelasnya. 

Diketahui Musprov Pelti Sulsel ini sempat ditunda beberapa kali, bahkan terakhir Ketua Pelti Sulsel Amin Syam mundur dari jabatannya karena alasan sakit, sehingga Pengurus Pusat bakal menunjuk karateker untuk melaksanakan Musprov tersebut. 

Ketua Pelti Unhas Baharuddin Thalib mengatakan, perhatian Rektor Unhas Prof Jamaluddin Jompa terhadap cabang olahraga tenis. "Beberapa saat beliau dilantik jadi Rektor, paling pertama sarana olahraga dibangun yakni lapangan tenis," katanya. 

Selain itu kata dia, bahkan Unhas sekarang menyiapkan jalur khusus untuk atlet yang berprestasi melanjutkan pendidikan. "Termasuk atlet tenis dari daerah yang berprestasi," jelasnya. (Fah/A)

  • Bagikan