Program Jumat Curhat, Cara AKBP Yusuf Usman Dengar Keluhan Warga Palopo

  • Bagikan
Program Jumat Curhat Kapolres Palopo

PALOPO, RAKYATSULSEL - Polres Palopo meluncurkan program Jumat Curhat. Konsepnya, Kapolres Palopo AKBP Yusuf Usman duduk bersama masyarakat untuk mendengarkan keluhan, curhat maupun menyerap informasi langsung.

Program ini dilaksanakan pada usai Salat Jumat melalui Safari Jumat Kapolres Palopo di Masjid An-Nasr jalan Pemuda, Kelurahan Takkalala, Kecamatan Wara Selatan, Jumat (30/12). Agenda ini sambil santap siang membentuk melingkar (tudang sipulung) seperti sedang melaksanakan rapat koordinasi.

Tampak polisi, masyarakat dan jamaah membaur bersama agar dapat terjalin silaturahmi dan kedekatan antara personel Polres Palopo dan warga.

AKBP Yusuf Usman membuka dan memberi kesempatan sesi tanya jawab, baik berupa keluhan, saran ataupun masukan dari masyarakat dan jamaah, terkait tentang pelayanan kepolisian dan permasalahan sehubungan dengan Kamtibmas di wilayah hukum Polres Palopo.

Berbagai macam keluhan dan masukan dari beberapa lapisan masyarakat dan jamaah dikegiatan Jum’at Curhat Polres Palopo.

Kegiatan ini, telah dilakukannya selama menjabat di Kapolres Palopo yang dilakukan secara rutin pada setiap safari Jum'at, maupun safari subuh diberbagai wilayah hukum Polres Polres Palopo dengan kegiatan Jum’at Curhat, Kapolres Palopo bersama PJU, Perwira dan Bintara bisa mengetahui permasalahan yang ada melaluii keluhan dan kondisi masyarakat.

Yusuf Usman menilai kegiatan ini bisa menjadi acuan untuk meningkatkan dan memberikan pelayanan kepada masyarakat dalam menjaga sitkamtibmas Kota Palopo.

"Kegiatan Jumat Curhat tersebut kami bisa mengetahui secara langsung keluhan dan kondisi masyarakat, sehingga dapat menyelesaikan masalah yang ada melalui solusi untuk penyelesaian masalah atau memerlukan kehadiran kepolisian dalam menengahi masalah yang terjadi di lingkungan sekitar,“ jelas AKBP Yusuf Usman.

"Saya mewakili Polres Palopo dan jajaran mengucapkan terima kasih atas apresiasi yang diberikan, kita juga terbantu dengan adanya pengaduan dari masyarakat untuk mempermudah informasi yang kami dapat," tambahnya

Harapannya, kata dia, jika ada permasalahan segera laporkan ke pihak berwajib yang terdekat baik Polres Palopo maupun Polsek terdekat, dalam mengantisipasi bersama-sama atau menekan gangguan Kamtibmas di Kota Palopo.

Dari sejumlah aspirasi yang ditampung, kata Kapolres banyak masyarakat yang mengapresiasi kegiatan Jumat Curhat yang dilakukan Polres Palopo dan jajarannya dan menyampaikan permasalahan yang ada.

Menurutnya selain mendengarkan aspirasi, kegiatan juga bisa sekaligus menjembatani pihak kepolisian dalam mengedukasi masyarakat. (Jaya/Raksul/A)

  • Bagikan