Disnaker Sulsel Bakal Gelar Pelatihan Vokasi untuk Penyandang Difabel

  • Bagikan
Kepala Seksi Pembinaan, Penempatan dan perluasan Kesempatan Kerja Dinas Ketenagakerjaan Provinsi Sulawesi Selatan, Elvira Jayanti. (foto: Abu)

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Provinsi Sulawesi Selatan bakal menyelenggarakan pelatihan vokasi atau keterampilan bagi penyandang difabel.

Kepala Seksi Pembinaan, Penempatan dan Perluasan Kesempatan Kerja Dinas Ketenagakerjaan Provinsi Sulsel, Elvira Jayanti mengatakan, rencana pelatihan itu akan dilakukan pada triwulan kedua (April-Juni) tahun ini.

Elvira Jayanti menuturkan, Pemprov Sulsel tahun ini memiliki tiga agenda kegiatan untuk penyandang difabel. "Tahun ini kita ada tiga kegiatan untuk disabilitas, seperti ada pelatihan berbasis usaha," ungkapnya, Selasa (3/1/2023).

Dia menerangkan, adapun pelatihan yang akan diselenggarakan nantinya, itu pelatihan ecoprint untuk tunagrahita, menurutnya pelatihan ini disesuaikan denga karakteristik tunagrahita yang memiliki IQ di bawah rata-rata. "Kami sedang melakukan pendataan untuk yang mampu melatih," jelasnya.

Selain itu, pelatihan menjahit untuk penyandang tunadaksa dan pelatihan membatik lontara untuk tunarungu.

Pelatihan ini nantinya bukan hanya peserta khusus dari kota Makassar, tapi seluruh wilayah yang ada di Sulawesi Selatan.

Dia menuturkan, pihaknya kini melakukan pendataan untuk penyandang difabel yang layak mendapatkan pelatihan dengan berkoordinasi bersama organisasi yang bergerak di bidang difabel maupun organisasi difabel itu sendiri, serta menunggu data dari Disnaker kota maupun kabupaten. (abu/B)

  • Bagikan