Disnakertrans Sulsel Imbau Warga Bantu Teman Difabel Daftar Pencarian Kerja

  • Bagikan
Kantor Gubernur Sulsel

MAKASSAR, RAKYATSULSEL- Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Sulawesi Selatan mengimbau masyarakat membantu penyandang difabel daftar dalam pencarian kerja.

Kepala Seksi Pembinaan, Penempatan dan perluasan Kesempatan Kerja Disnakertrans Sulsel, Elvira Jayanti mengatakan ada 20 lowongan kerja saat Job Fair kemarin. Hanya saja, 1 teman difabel.

"Kemarin ada perusahaan membuka kuota 20 orang, tapi yang mendaftar cuma satu," tukas Elvira, Rabu, (4/1).

Sehingga, kata dia, pihaknya meminta bantuan masyarakat agar menginformasikan teman difabel mengenai lowongan kerja. Baik yang disediakan Pemprov Sulsel atau pemerintah daerah.

"Misalnya kita dapat pencari kerja difabel, suruh ki kesini (Disnakertrans) supaya di data untuk pencari kerja. Mau kerja di kantoran bisa selama punya kompetensi untuk kerja di kantoran atau dia mau buka usaha, karena kita buka pembinaan pelatihan berbasis usaha," jelasnya.

Ia menyampaikan, Disnakertrans Sulsel memiliki Unit Layanan Disabilitas membantu fasilitasi teman penyandang difabel dalam mencari kerja, dengan melakukan assessmen terhadap kompetensi dan melakukan pelatihan.

Selain itu, Elvira Jayanti mengatakan, pihaknya juga aktif melakukan sosialisasi ke perusahaan sekaitan dengan penerimaan tenaga kerja difabel sesuai dengan undang-undang nomor 8 tahun 2016 tentang hak dan kesempatan kerja bagi penyandang difabel.

"Kami sosialisasi, yang pertama wajib memberikan info lowongan kepada kami, kemudian kami juga telah memasuki BUMN untuk melakukan sosialisasi, kami door to door sosialisasinya," bebernya.

Dia berharap, dengan pendaftaran yang dilakukan para pencari kerja penyandang difabel diperhatikan seluruh lapisan masyarakat agar memudahkan melakukan rekomendasi jika terdapat lowongan pekerjaan.

"Untuk hal yang seperti ini (informasi pekerjaan), kita harus jemput bola,kita berharap masyarakat juga dapat memberikan informasi ini ke teman teman penyandang difabel" pungkasnya. (Abu Hamzah/Raksul/B)

  • Bagikan