Tiga Parpol di Sulsel Bersaing Ketat

  • Bagikan

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Direktur PT General Survey Indonesia (GSI) Jufriadi menyebutkan jika ada tiga partai politik (Parpol) yang saat ini sudah mulai bersaing berdasarkan hasil survei yang dilakukan belum lama ini.

Ketiganya yakni Partai Golkar, Nasdem dan Gerindra. Mereka bersaing ketat dalam memperebutkan dominasi kursi di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sulsel pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 mendatang

"Ketiga partai ini bersaing ketat di papan atas. Kami melihat bahwa elektabilitas Gerindra makin signifikan kenaikannya. Gerindra adalah partai yang berpotensi bisa memegang puncak," kata Jufriadi saat diskusi di Warkop Aleta, Toddopuli, Minggu (8/1/2023).

Akademisi Universitas Bosowa Makassar ini menyebutkan Golkar masih menempati urutan tertinggi dengan elektabilitas 13,4 persen, disusul Nasdem dengan elektabilitas 12,3 persen, dan Gerindra dengan elektabilitas sebesar 12,1 persen.

Sementara Demokrat hanya menempati posisi keempat dengan elektabilitas 6,8 persen disusul PPP 6,2 persen, PKB 6,1 persen dan PDIP 6,0 persen.

Selisih elektabilitas yang hanya terpaut maksimal 2 persen, menempatkan Golkar di posisi terancam. "Jika terus demikian, dominasi Golkar di Sulsel diprediksi akan tamat pada Pemilu 2024 mendatang," jelasnya.

Direktur PT Indeks Politica Indonesia, Suwadi Idris Amir mengemukakan, Golkar tidak akan lagi mendominasi suara di Sulsel pada Pemilu 2024 mendatang.

"Sulit bagi Golkar meraih 17 kursi lagi, karena sudah kehilangan pola! Posisinya saat ini itu sudah direbut adik-adiknya sendiri, yakni Gerindra dan Nasdem," ujarnya,

"Kenapa dulu Golkar mendominasi? Karena mereka berhasil meyakinkan kepala-Kepala daerah dan pengusaha. Nah, sekarang Golkar tidak lagi memiliki kemampuan itu," tutupnya. (Fahrullah/B)

  • Bagikan