Jelang HUT ke-50, PDIP Belum Umumkan Jagoan di Pilpres

  • Bagikan
Lambang PDIP

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) sudah berumur 50 tahun atau setengah abad. Partai berlambang Banteng Moncong putih ini akan merayakan HUT ke-50 di JIExpo Kemayoran Jakarta pada Selasa 10 Januari 2023 besok.

Menyongsong Pemilihan Presiden 2024 mendatang yang menyisakan kurang lebih 1 tahun ini, PDI Perjuangan belum memutuskan siapa jagoan mereka untuk menggantikan Joko Widodo sebagai Presiden lima tahun kedepan. Walau memiliki dua kader yakni Puan Maharani dan Ganjar Pranowo.

Pengamat Politik Universitas Hasanuddin (Unhas), Andi Ali Armunanto memperkirakan HUT setengah abad PDIP, Megawati belum mengumumkan jagoan mereka di Pilpres.

Alasannya, orang nomor satu di PDI Perjuangan tersebut belum condong ke satu nama walaupun putrinya memiliki ambisi menjadi 01 di Indonesia.

"Peta politik saat ini masih berubah-ubah. Koalisi juga belum paten. Jadi pengumuman Capres mungkin bersamaan dengan partai koalisi dan sampai saat ini juga PDIP belum memiliki koalisi yang jelas," kata Andi Ali Armunanto, Senin (9/1).

Dirinya menyebutkan jika Megawati mengumumkan secepat mungkin. Maka bisa merugikan PDI Perjuangan sendiri pada koalisinya dan bisa juga menguntungkan PDI Perjuangan jika tidak salah usung.

  • Bagikan