Dua Pria Asal Inggris Hilang di Ukraina, Kata Pihak Keamanan

  • Bagikan
Andrew Bagshaw (kiri) dan Christopher Parry (kanan) dilaporkan hilang di Ukraina

UKRAINA, RAKYATSULSEL.FAJAR.CO.ID- Dua warga berkebangsaan inggris dinyatakan hilang di wilayah timur Donetsk Ukraina, kata polisi Ukraina.

Andrew Bagshaw, 48 tahun dan Christopher Parry, 28 tahun, yang menjadi relawan, kata polisi dan terakhir terlihat pada hari Jumat menuju kota Soledar, dimana terjadi pertempuran yang besar.

Tidak ada komunikasi dengan mereka sejak saat itu.

Departemen Luar Negeri mengatakan pihaknya "mendukung keluarga dua pria Inggris yang hilang di Ukraina".

  • Lima cara perang Ukraina bisa terjadi pada 2023
  • Apakah perang telah mengubah Rusia?

Parry, dari Truro di Cornwall, melakukan perjalanan ke Ukraina untuk melakukan kegiatan kemanusiaan dan baru-baru ini membantu orang-orang mengevakuasi Bakhmut, di wilayah Donbas timur.

Berbicara kepada BBC Cornwall dari Ukraina selama Natal tahun lalu, dia menggambarkan memiliki "dorongan untuk membantu, karena orang-orang di sini sangat baik".

Dia berbicara tentang pengeboman yang "terus menerus" saat dia menghabiskan waktu di dekat garis perbatasan, serta bertemu dengan pesawat tak berawak "dalam jarak sekitar 10 meter dari wajah saya".

Parry telah menulis di halaman crowdfunding online-nya tentang penggalangan dana untuk perbaikan kendaraan, bahan bakar, dan peralatan untuk membantu mengevakuasi warga sipil, dan memberikan contoh membantu anak-anak dan keluarga untuk melarikan diri dari garis depan.

Orang tua Bagshaw telah mengeluarkan pernyataan kepada media di Selandia Baru, tempat tinggal pria berusia 48 tahun itu.

Mereka mengatakan bahwa mereka "sangat mencintainya dan sangat bangga dengan semua pekerjaan yang telah dia lakukan dengan mengantarkan makanan dan obat-obatan serta membantu orang tua pindah dari dekat medan perang".

Pihak kepolisian di kota Bakhmut mengatakan bahwa mereka menerima laporan orang hilang pada pukul 17:15 waktu setempat pada hari Sabtu, dan meminta informasi apa pun yang dapat membantu menemukan kedua pria tersebut.

Kedua pria itu berada di Kramatorsk, di mana ada laporan serangan dalam beberapa hari terakhir.

Sebelumnya pada hari Senin, tentara Ukraina mengatakan sedang memperkuat pasukannya di Soledar, sebuah kota kecil di dekat Bakhmut, dalam upaya untuk melawan serangan berkelanjutan di sana oleh pasukan tentara bayaran Rusia, Wagner.

Pemimpin pasukan itu telah bersumpah untuk merebut tambang bawah tanah yang besar di daerah itu.

Departemen Luar Negeri Inggris memperingatkan agar tidak melakukan perjalanan ke Ukraina karena serangan di sejumlah kota yang berbeda saat ini sedang terjadi, karena perang melawan Rusia terus berlanjut hingga bulan ke-11.

Dikatakan bahwa ada "risiko nyata terhadap kehidupan", dan menambahkan bahwa warga negara Inggris yang masih berada di Ukraina harus segera pergi.

Ada beberapa kasus warga Inggris yang hilang atau ditangkap di Ukraina selama setahun terakhir.

September lalu, lima warga negara Inggris yang ditahan oleh pasukan yang didukung Rusia dibebaskan setelah Arab Saudi mengatakan telah menengahi pertukaran antara Rusia dan Ukraina terhadap 10 tahanan.

Ini berarti Aiden Aslin, John Harding, Dylan Healy, Andrew Hill, dan Shaun Pinner semuanya diperbolehkan pulang setelah berbulan-bulan ditangkap. (BBC/*)

Referensi:

https://www.bbc.com/news/uk-64214977

  • Bagikan