Iran Menjatuhkan Hukuman Mati Pada Mantan Pejabatnya Atas Dugaan Mata-Mata Inggris

  • Bagikan
FILE - Para peserta pembicaraan nuklir Iran yang mencapai puncaknya dengan penandatanganan Rencana Aksi Komprehensif Bersama dalam sebuah pertemuan di gedung PBB di Wina, Austria, 14 Juli 2015.

DUBAI, RAKYATSULSEL.ID — Iran telah menghukum mati seorang mantan pejabat pertahanan senior atas tuduhan mata-mata untuk Inggris, media yang terkait dengan negara melaporkan Rabu.

Pengadilan mengatakan Ali Reza Akbari, yang menjadi wakil menteri pertahanan sampai tahun 2001, adalah "mata-mata kunci" untuk intelijen Inggris, lapor kantor berita setengah resmi Tasnim. Dikatakan intelijen Iran membuka kedok mata-mata dengan memberinya informasi palsu.

Tasnim juga melaporkan bahwa dia telah memata-matai pembicaraan nuklir masa lalu antara Iran dan kekuatan Barat. Akbari pernah menjabat sebagai wakil menteri pertahanan di bawah Presiden Mohammad Khatami, seorang reformis yang mendorong peningkatan hubungan dengan Barat.

Inggris menyerukan agar eksekusi dihentikan dan pembebasan segera Akbari

"Ini adalah tindakan bermotivasi politik oleh rezim barbar yang sama sekali mengabaikan kehidupan manusia," kata Menteri Luar Negeri James Cleverly dalam sebuah pernyataan.

Selama beberapa tahun, Iran telah terkunci dalam perang bayangan dengan Amerika Serikat dan Israel, ditandai dengan serangan rahasia terhadap program nuklirnya yang disengketakan. Pembunuhan ilmuwan nuklir top Iran pada tahun 2020, yang dituduhkan Iran kepada Israel, mengindikasikan dinas intelijen asing telah membuat terobosan besar.

Pihak berwenang belum merilis rincian tentang persidangannya. Mereka yang dituduh melakukan spionase dan kejahatan lain yang berkaitan dengan keamanan nasional biasanya diadili secara tertutup, di mana kelompok HAM mengatakan mereka tidak memilih pengacara mereka sendiri dan tidak diizinkan untuk melihat bukti yang memberatkan mereka.

Tasnim mengatakan Mahkamah Agung menguatkan hukumannya dan dia memiliki akses ke pengacara. Tidak ada kabar kapan eksekusi akan dilakukan.

Akbari sebelumnya memimpin pelaksanaan gencatan senjata tahun 1988 antara Iran dan Irak setelah perang delapan tahun yang menghancurkan, bekerja sama dengan pengamat PBB.(VOA/*)

Referensi:

https://www.voanews.com/a/iran-sentences-ex-official-to-death-over-alleged-uk-spying-/6914408.html
  • Bagikan