Mahasiswa Magister Ilmu Komunikasi Unifa Gelar Seminar Karya Ilmiah, Bahas New Media dan Politik

  • Bagikan
Suasana Seminar Karya Ilmiah Mahasiswa PPs Unifa, Kamis (12/1)

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Mahasiswa Magister Ilmu Komunikasi Fakultas Pascasarjana Universitas Fajar (PPs Unifa) kembali menggelar Seminar Karya Ilmiah dengan mengusung tema New Media dan Politik. Seminar ini digelar di Rogar Cafe, Kamis 12 Januari 2023.

Seminar karya ilmiah ini dibuka Dekan PPs Unifa Mujahid. Turut hadir Wakil Dekan PPs Unifa, Abdul Djalil, Ketua Prodi Magister Ilmu Komunikasi Unifa, Muhammad Asdar, dan menghadirkan pakar komunikasi politik Unhas Hasrullah sebagai academic panel.

Ada empat mahasiswa PPs Unifa yang jadi pembicara. Antara lain Fajar Sidiq dengan judul karya ilmiah Digitalisasi Pemilu, Taufik Hasyim yang membawakan materi Strategi Kampanye Politik di Media Sosial, Surati Laode Besi dengan judul karya ilmiah Peran Media Online Jelang Pilpres 2024 dan Sahrijal menjadi narasumber terakhir dengan materi soal Partisipasi Politik Pemuda di Era Digital.

Dekan PPs Unifa Mujahid dalam sambutannya menyebut seminar karya ilmiah ini, merupakan rutinitas PPs Unifa dalam mengembangkan keilmuan para mahasiswanya.

"Jadi, seminar karya ilmiah ini menjadi salah satu agenda rutin yang dilakukan PPs Unifa untuk mengasah kemampuan para mahasiswa, supaya mereka bisa tampil dan mengembangkan kemampuan mereka," ujarnya.

Mujahid menambahkan kegiatan seminar karya ilmiah ini, menjadi keunggulan kampus dalam melatih mahasiswanya, sebagai modal usai lulus dafi Unifa.

"Hanya PPs Unifa yang memiliki mata kuliah ini, dengan tujuan mengembangkan keilmuan para mahasiswa kedepannya," tukasnya.

Sementara itu, Pakar Komunikasi Politik Unhas Hasrullah menuturkan tema New Media dan Politik yang diangkat mahasiswa PPs Unifa sangat kekinian.

Menurutnya tema ini yang dibutuhkan kedepan. Terutama terkait digitalisasi pemilu, kampanye politik di media sosial, transformasi media online dalam mengawal pilpres kedepan dan soal partisipasi politik pemuda.

"Saya sangat mengapresiasi persentasi dari 4 narasumber ini. Inilah yang namanya berpikir kedepan. Dengan strategi-strategi anak muda yang maju," tukas Nasrullah.

Lanjut Hasrullah, pemaparan materi yang dikembangkan para mahasiswa PPs Unifa ini akan menjadi modal dalam mengembangkan keilmuan di bidang pendidikan terutama komunikasi politik.

"Saya melihat 4 orang mahasiswa PPs Unifa ini sangat luar biasa memilih tema. Bahkan materi yang mau saya bawakan sudah semua mereka bahas. Kegiatan seminar karya ilmiah di lingkup PPs Unifa, bisa menjadi modal bagi mahasiswanya dalam mengembangkan karirnya ke depan," harapnya.(*/rls).

  • Bagikan