Perkuat Internasionalisasi, FISIP Unismuh Gandeng School of Government UUM Kolaborasi Riset dan Pengabdian

  • Bagikan
Suasana Pertemuan Delegasi Fisip Unismuh dengan UUM

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (Fisip) Universitas Muhammadiyah (Unismuh) terus mendorong dan memperkuat upaya internasionalisasi. Salah satunya, menjalin sinergitas dengan Universiti Utara Malaysia.

Terbaru, civitas akademika mulai Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kerjasama FISIP Unismuh Andi Luhur Prianto dan Ketua Program Studi Ilmu Pemerintahan FISIP Ahmad Harakan serta Peneliti Lab IP FISIP Aqmal Reza Amri berkunjung ke Sintok, Kedah, Malaysia Utara, 9-11 Januari 2023.

Agendanya, kunjungan untuk pembicaraan teknis kolaborasi riset dan pengabdian dengan pihak School of Government (SoG), College of Law, Government & International Studies (COLGIS) Universiti Utara Malaysia.

SoG atau Sekolah Pengkajian Kerajaan ini sendiri membina program sarjana dan pascasarjana di bidang manajemen publik dan manajemen pembangunan.

Dalam kunjungannya, delegasi FISIP Unismuh di terima oleh Halimah Binti Abd. Manaf (Dean of the School of Government COLGIS UUM), Nor Azizah Zainal Abidin (Deputy Dean for Academic & International Affairs SoG COLGIS UUM), Sharifuzah Osman (Ketua Program Studi Sarjana Public Management).

Kemudian, Dr. Siti Syuhadah Mohamad (Ketua Program Pascasarjana Public Management) serta jajaran dosen, peneliti dan tenaga administrasi kependidikan. Turut hadir pada pertemuan ini, Prof. Dr. Achmad Nurmandi, Wakil Rektor Kerjasama & Hubungan Internasional UMY.

Dalam kesepakatan kerjasama yang dilakukan, pihak SoG COLGIS UUM, sepakat untuk melakukan berbagai kolaborasi kegiatan akademik. Seperti pertukaran mahasiswa dan transfer kredit pembelajaran, kolaborasi riset dan pengabdian serta kerjasama akademik lainnya.

Wakil Dekan Akademik & Kerjasama FISIP Unismuh Andi Luhur Prianto mengatakan dalam waktu dekat ini, delegasi mahasiswa UUM akan hadir di Makassar.

"Kami telah merancang kegiatan visiting lecture, workshop penulisan artikel jurnal, serta aktivitas pengabdian masyarakat di Sulsel ini," tukas Andi Luhur, Kamis (12/1).

Semester ke depan, kata dia, dosen dan mahasiswa akan mengikuti kegiatan sit-in pembelajaran, riset dan aktivis community services bagi para pekerja migran dan diaspora Indonesia di wilayah Kedah Darul Aman, Malaysia.

"Semua aktivitas itu akan menghasilkan publikasi bersama pada jurnal internasional bereputasi," jelasnya.

Sementara itu, Dekan FISIP Unismuh Ihyani Malik mengatakan, saat ini FISIP Unismuh, terus memperkuat aktivitas internasionaliasi pembelajaran, riset, dan pengabdian.

"Kami berterima kasih atas dukungan pimpinan Universitas dan LP3M yang memudahkan ikhitiar kami ini. Semoga bisa berkontribusi bagi peningkatan reputasi institusi," ungkap Ihyani. (*)

  • Bagikan